(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Beberapa Air Terjun Dengan Model Berundak di Indonesia

Liani
Liani

Beberapa Air Terjun Dengan Model Berundak di Indonesia
WinNetNews.com - Dari sedemikian banyaknya air terjun yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, selain air terjun dengan ketinggian tertentu, yang beraroma magis atau juga yang memiliki warna-warna indah, ada pula air terjun dengan model berundak seperti pada pematang sawah yang khas terlihat di Pulau Dewata, Bali.

Beberapa panorama alam yang ada di Indonesia semakin membuat negeri ini, contohnya pemandangan air terjun yang tersebar di berbagai daerah, menambah keindahan alam Tanah Air.

Berikut ini beberapa air terjun dengan model berundak yang ada di Indonesia.

Air Terjun Mata Buntu, Sulawesi Selatan

Satu lagi air terjun dengan model berundak dari Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Luwu Timur, yaitu Air Terjun Mata Buntu.

image0

Air terjun satu ini memiliki 20 tingkat dengan arus air yang sangat dasyat. Disebut dengan Mata Buntu karena dalam bahasa masyarakat sekitar, mata buntu memiliki arti

gemuruh dan air terjun ini memang sangat bergemuruh apalagi jika Anda berada di dekatnya.

Air terjun Pinang, Riau

Terletak di Desa Resun, kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Air Terjun Pinang juga merupakan salah satu obyek wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal, terutama saat liburan tiba.

image1

Selain pesona alam sekitarnya, keistimewaan air terjun satu ini adalah airnya berasal dari gabungan berbagai macam sungau yang bersumber dari Gunung Daik.

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk ini adalah air terjun yang berada di Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Memang semua airnya berasal dari satu sumber air terjun akan tetapi menjadi berundak karena kountur medan di bawah air terjun pusatnya memiliki model berundak-undak.

image2

Selain itu, keindahan alam di sekitarnya juga masih sangat asri dan berudara sejuk.

Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Berada di Kawasan Suaka Alam Margasatwa Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara, Air Terjun Moramo tercipta secara alami dan memiliki keindahan tersendiri.

image3

Air terjun yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Kendari tersebut memiliki 7 undakan besar dan beberapa lainnya berukuran kecil yang secara keseluruhan memiliki ketinggian 100 meter ini konon dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian para bidadari pada zaman dahulu.

Air Terjun Parangloe, Gowa

Air Terjun Parangloe merupakan destinasi wisata yang berada di Kabupaten Gowa. Walaupun tempatnya sangat indah dan susunan batunya seperti yang biasa terdapat di kolam-kolam buatan, air terjun satu ini ternyata memiliki sisi bahaya jika musim penghujan tiba.

image4

Karena dapat secara tiba-tiba air bah akan meluncur deras dari atas dan menyapu semua yang ada di sekitar atau bawahnya.

Air Terjun Saluopa, Sulawesi Tengah

Air terjun yang memiliki 12 tingkatan besar dan terbentuk secara alami ini dapat ditemui atau dikunjungi ketika Anda berada di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

image5

Tidak hanya wisatawan lokal saja yang mengunjungi dan memuji keindahan Air Terjun Saluopa, melainkan juga dari manca negara.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});