Beberapa Bahan Alami yang Diyakini Bisa Redakan Gejala Sakit Tenggorokan

Rusmanto

Dipublikasikan 5 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Beberapa Bahan Alami yang Diyakini Bisa Redakan Gejala Sakit Tenggorokan
detikcom
Winnetnews.com -  Sakit tenggorokan merupakan suatu gejala di mana rasa sakit, gatal, dan iritasi terjadi di tenggorokan. Sakit tenggorokan menjadi buruk terutama ketika seseorang mengalami kesulitan untuk menelan makanan ataupun minuman.

Bahkan, pada beberapa kasus sakit tenggorokan yang tidak terlalu serius tetap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan mungkin sulit mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Dikutip dari Healthline terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meringankan gejala sakit tenggorokan, bahan tersebut antara lain:

1. Madu

Madu yang dicampur dengan teh hangat atau diminum secara langsung merupakan obat rumah tangga untuk meredakan sakit tenggorokan. Sebuah studi bahwa madu bahkan lebih efektif untuk meredakan batuk di malam hari dibandingkan pereda batuk biasa.

Studi lain menemukan bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat meredakan sakit tenggorokan secara alami.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Hal ini juga dikenal sebagai cara untuk membunuh bakteri pada tenggorokan.

Cara membuat larutan ini adalah dengan mencampurkan setengah teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Berkumurlah untuk mengurangi pembengkakan dan membuat tenggorokan bersih.

Lakukan hal tersebut setiap tiga jam atau lebih.

3. Pappermint

Pappermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Semprotan pappermint encer juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Pappermint mengandung mentol, yang dapat mengencerkan lendir, meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Pappermint juga mempunyai sifat anti-inflamasi, antivirus, dan antibakteri yang dapat mendorong penyembuhan sakit tenggorokan.

4. Akar Marshmallow

Akar marshmallow mengandung zat seperti lendir yang melapisi dan menenangkan sakit tenggorokan. Cukup masukan beberapa akar kering ke dalam secangkir air mendidih untuk membuat teh.

Meminum teh tersebut sebanyak dua hingga tiga kali sehari dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Orang yang mempunyai riwayat diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh tersebut.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung banyak bahan alami yang berguna sebagai antibakteri. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa efek antimikroba yang terdapat dalam cuka sari apel dapat memerangi infeksi.

Cuka sari apel bersifat asam yang dapat digunakan untuk memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Cara membuat larutannya adalah dengan mengencerkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air, kemudian berkumurlah.

Lakukan hal tersebut sebanyak satu hingga dua kali per jam dan pastikan minum banyak air di antara sesi berkumur.

6. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan yang memiliki sifat antibakteri alami. Bawang putih juga mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan sehari-hari merupakan cara untuk mendapatkan sifat antimikrobanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Tips Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...