Beberapa Buah yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes
ilustrasi

Beberapa Buah yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes

Sabtu, 2 Nov 2019 | 06:31 | Rusmanto
Winnetnews.com - Buah-buahan dikenal luas sebagai makanan yang baik bagi kesehatan, namun bagi penderita diabetes, beberapa jenis buah-buahan ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kondisi kesehatannya. Mereka pun diminta untuk lebih cermat saat memilih atau mengonsumsi buah demi mencegah datangnya komplikasi.

Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Buah Sembarangan

Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan. Mereka harus cermat dalam mengatur asupan kalori, gula, dan nutrisi lainnya demi menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

Hal ini disebabkan oleh tubuh penderita diabetes yang sudah kesulitan untuk memproduksi insulin dengan normal sebagaimana orang yang sehat.

Sebagai informasi, insulin dalah hormon yang bisa membuat gula darah menjadi sumber energi. Jika jumlahnya tidak cukup, maka jumlah gula darah akan semakin meningkat dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi berbagai bagian tubuh seperti pembuluh darah, mata, dan organ-organ lainnya. Penderita diabetes juga cenderung tidak mendapatkan energi yang cukup sehingga mudah lelah dan mengantuk.

Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat dan tinggi nutrisi, dalam realitanya ada banyak sekali jenis buah-buahan yang tinggi kandungan gula alami. Mengonsumsinya tentu bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak dengan signifikan dan membahayakan kondisi penderita diabetes.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...