Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Perut dan Percernaan
ilustrasi

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Perut dan Percernaan

Senin, 24 Jun 2019 | 14:25 | Rusmanto

Winnetnews.com - Disadari atau tidak, kesehatan dari perut sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu, kalau seseorang mengalami gangguan perut yang intens dan hampir setiap saat, kemungkinan besar akan mengalami gangguan pada pekerjaannya. Konsentrasi akan mengalami gangguan dan produktivitas mengalami penurunan.

Cara menjaga kesehatan perut dan pencernaan secara menyeluruh

Kesehatan perut memang harus diperhatikan dengan baik. Kalau perut terganggu, kesehatan akan mengalami penurunan. Itulah kenapa beberapa orang sering bilang kalau perut adalah kepala kedua dari manusia. Nah, agar kita tidak pernah mengalami gangguan perut, gunakan beberapa cara di bawah ini.

1. Mengonsumi lebih banyak makanan probiotik

Makanan dengan kandungan probiotik biasanya mengandung cukup banyak bakteri baik. Makanan jenis ini biasanya berjenis fermentasi seperti kimchi, acar, yoghurt, dan sejenisnya. Nah, bakteri baik yang terbawa masuk akan membantu menyehatkan saluran cerna khususnya usus bagian bawah.

Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan probiotik sesuai dengan kebutuhan. Misal setiap hari atau dua hari sekali. Yang penting jangan biarkan tubuh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.

2. Mengonsumsi prebiotik

Prebiotik sedikit berbeda dengan probiotik. Kalau probiotik adalah makanan yang sudah mengandung bakteri baik, sebaliknya kalau prebiotik adalah makanan yang mengandung serat cukup tinggi. Nah, serat yang masuk ke dalam tubuh inilah yang akan menjadi rumah atau makanan dari bakteri baik yang ada di sana.

Jadi, Anda bisa melakukan selang-seling, hari ini makan probiotik lalu esoknya prebiotik. Dengan melakukan ini kesehatan perut akan terjaga dengan baik.

3. Menurunkan stres pada tubuh

Anda mungkin akan mengira kalau stres tidak akan menyebabkan gangguan pada tubuh dan mengganggu pikiran saja. Namun, stres yang terjadi berkali-kali dan sangat intens bisa menyebabkan inflamasi di dalam tubuh. Nah, salah satu inflamasi itu bisa terjadi di saluran cerna entah itu lambung atau usus. Itulah kenapa stres kerap memicu kondisi seperti maag yang cukup parah.

Kalau Anda tidak mau mengalami stres yang sangat mengganggu, ada baiknya untuk mengurangi stres yang dialami. Caranya, Anda bisa melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau sekadar pelesir dan bersenang-senang.

4. Mengonsumsi gula atau sesuatu yang manis lebih sedikit

Gula yang terlalu berlebihan baik dalam bentuk gula pasir atau dalam bentuk sirup dan makanan lainnya cukup berbahaya untuk tubuh. Kalau Anda terus mengonsumsinya, komposisi bakteri baik di dalam usus dan saluran cerna secara umum akan mengalami gangguan yang cukup besar.

Mengonsumsi gula secara berlebihan juga menyebabkan terjadinya masalah pada metabolisme. Gula darah yang mendadak naik juga menyebabkan masalah seperti diabetes atau kegemukan. Jadi, pastikan mengurangi gula baik gula biasa atau gula buatan.

5. Melakukan olahraga secara rutin

Olahraga adalah salah satu yang paling sering dilupakan oleh kita semua. Meski olahraga mudah dilakukan, banyak dari kita merasa malas dan akhirnya lebih memilih untuk bermalas-malasan. Olahraga secara rutin akan membantu metabolisme dan juga pencernaan sehingga gangguan pada tubuh tidak terjadi.

Olahraga yang bisa dilakukan ada banyak. Anda bisa melakukan jalan kaki atau kalau memang ada niat bisa datang ke gym. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan dan rutin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...