Beberapa Cara Mudah untuk Mencegah Timbulnya Darah Tinggi

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Cara Mudah untuk Mencegah Timbulnya Darah Tinggi ilustrasi

Winnetnews.com -  Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Hal ini berlaku juga untuk kondisi tekanan darah tinggi yang telah menjadi penyebab utama dari tingginya angka kematian di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah gangguan kesehatan yang sering kali telat dideteksi dan suka diremehkan. Padahal, dari tekanan darah tinggi Anda dapat mengalami berbagai penyakit kronis lainnya.

Namun tenang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hipertensi.

Lakukan 7 cara ini jika ingin mencegah hipertensi

1. Mengubah pola makan

Pola makan yang buruk sangat mungkin menyebabkan tekanan darah melonjak. Maka itu, Anda harus mengurangi makanan yang tinggi natrium yang banyak terkandung dalam garam dapur serta makanan olahan, supaya tekanan darah tetap normal.

Sebaliknya, untuk mencegah hipertensi Anda dapat memilih makanan yang tinggi kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah stabil. Kalium dapat Anda temukan dalam kentang, pisang, alpukat, ikan, dan susu.

Tak hanya itu, makanan rendah lemak serta makanan berserat seperti buah-buahan, sayur, serta biji-bijian utuh juga dianjurkan untuk dikonsumsi.

Saat ini sudah ada beberapa jenis diet yang ditujukan untuk orang yang memiliki darah tinggi, seperti diet DASH. Dengan menerapkan diet ini, Anda harus mengonsumsi asupan serat yang tinggi, sumber protein dengan kandungan lemak yang rendah, membatasi natrium, serta menghindari makanan dengan kolesterol tinggi.

Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup, karena kekurangan cairan akan memengaruhi jumlah natrium di dalam tubuh.

Apa Reaksi Kamu?