Beberapa Cara Obati Anemia yang Dikenal Cukup Efektif
ilustrasi

Beberapa Cara Obati Anemia yang Dikenal Cukup Efektif

Minggu, 23 Jun 2019 | 19:20 | Rusmanto
Winnetnews.com - Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya zat besi pada tubuh kita sehingga menimbulkan gejala berupa kelelahan, pusing, bahkan kram kaki. Oleh karena itu, sering kali anemia muncul dan mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung. Berikut terdapat beberapa cara untuk mengatasi anemia secara cepat

Cara mengobati anemia dalam waktu singkat

Pengobatan untuk anemia harus dilakukan secepatnya karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti jantung berpacu lebih cepat untuk mendapatkan oksigen ke seluruh tubuh. Hal tersebut dapat menebalkan otot dinding hati Anda, sebuah kondisi yang disebut kelainan jantung. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengobati anemia dengan sigap karena dikhawatirkan dapat memunculkan penyakit lainnya. Simak cara-cara berikut ini!

1. Minum suplemen zat besi

Setelah Anda mengetahui jenis anemia apa yang dihadapi, minum suplemen zat besi adalah salah satu pertolongan pertama untuk mengatasi anemia Anda. Suplemen ini lebih baik dikonsumsi satu jam sebelum makan karena akan terserap dengan baik di dalam tubuh.

2. Perbanyak makan sumber zat besi

Selain dapat mengatasi anemia, kandungan zat besi dalam makanan juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Contoh makanan dengan zat besi yang tinggi adalah:

  • Daging merah
  • Kuning telur
  • Ikan
  • Brokoli
  • Sayuran berwarna hijau tua

3. Konsumsi vitamin C

Fungsi dari vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan membantu tubuh memproduksi hemoglobin sehingga dapat mengobati anemia Anda. Akan tetapi, lebih baik tanyakan dulu ke dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi vitamin C.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...