Beberapa Cara Turunkan Tensi Darah Selain dengan Obat

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Cara Turunkan Tensi Darah Selain dengan Obat ilustrasi
Winnetnews.com - Hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Jika sampai tekanan darah sudah naik tak terkendali, maka risiko untuk terkena penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan stroke akan meningkat. Karena alasan inilah sebaiknya kita melakukan berbagai cara demi menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah selain dengan minum obat

Demi menurunkan tekanan darah, penderita hipertensi bisa diminta untuk minum obat secara teratur. Hanya saja, selain dengan minum obat, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk melakukan berbagai hal ini.

1. Meditasi

Meditasi tidak hanya akan menurunkan stres. Dalam realitanya, rutin melakukannya juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini diungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Society of Hypertension. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa rutin melakukan meditasi dalam waktu 20 menit dua kali saja dalam sehari bisa menurunkan tekanan darah hingga 3 mm/Hg.

Terdapat banyak sekali jenis meditasi yang bisa kita coba. Setiap jenis meditasi ini bisa memberikan manfaat, namun semuanya bisa membantu menurunkan stres, salah satu faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

2. Yoga

Selain meditasi, olahraga lain yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan psikis adalah yoga. Rutin melakukan yoga juga bisa melatih kelenturan dan ketahanan tubuh. Selain itu, melakukannya secara teratur juga bisa menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Yoga bisa dilakukan sendirian di rumah atau bersama dengan orang lain melalui kelas-kelas yoga berbayar. Hanya saja, jika kita mengalami kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa melakukan yoga yang aman bagi kondisi kesehatan.

Apa Reaksi Kamu?