Beberapa Ciri Anak Autis yang Sebaiknya Diketahui Orang Tua
ilustrasi

Beberapa Ciri Anak Autis yang Sebaiknya Diketahui Orang Tua

Selasa, 30 Jun 2020 | 07:03 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ciri-ciri anak autis sebenarnya mudah dikenali pada beberapa bulan pertama kehidupannya. Beberapa indikator yang bisa menjadi patokan orang tua adalah keterampilan sosialnya, kemampuannya berkomunikasi, dan perilaku dibanding anak lain yang seusianya. Simak penjelasan lengkap mengenai ciri anak autis selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri Anak Autis yang Harus Diketahui Orang Tua

Sebelum menjelaskan mengenai ciri anak autis, beberapa hal penting yang harus diketahui adalah beberapa anak dengan gangguan spektrum autisme mengalami kesulitan belajar dan memiliki kecerdasan yang lebih rendah ketimbang anak lainnya.

Sementara pada kasus yang lain, ada anak yang memiliki kecerdasan normal hingga di atas rata-rata, namun mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan menyesuaikan diri dengan situasi sosial. Karena kondisi yang unik inilah, gejala pada setiap anak dan tingkat keparahan kadang-kadang sulit untuk ditentukan.

Berikut ini adalah ciri-ciri anak autis umum yang bisa dikenali, di antaranya:

1. Kesulitan Menjalin Interaksi Sosial

Ciri-ciri anak autis ini sebenarnya mudah dikenali, namun beberapa orang tua menganggap bahwa anaknya memiliki sifat yang sangat pemalu. Padahal, sulit melakukan interaksi sosial mungkin menjadi pertanda seorang anak memiliki autis.

2. Memiliki Ketertarikan pada Objek di Luar Kewajaran

Ciri anak autis berikutnya yang bisa dikenali adalah minat yang tidak biasa pada objek tertentu. Hal itu bisa terlihat dari bagaimana cara anak memainkan objek tersebut, anak autis mungkin bermain dengan cara yang berbeda atau tidak biasa.

Misalnya, seorang anak mungkin bisa duduk duduk berjam-jam hanya untuk memutar roda kendaraan mainannya.

3. Kesulitan Jika Mengalami Perubahan

Seorang anak yang memiliki gangguan spektrum autisme biasanya memiliki ritme rutinitas yang sama setiap harinya. Anak akan mengalami kesulitan dengan perubahan dalam rutinitas, pakaian, makanan, pengasuh, dan kondisi lingkungan sekitarnya.

4. Memiliki Kehebatan Sekaligus Kekurangan

Seorang anak dengan kondisi ini memiliki kemampuan hebat di satu bidang, akan tetapi mengalami kesulitan di bidang lain. Contohnya:

  • Seorang anak autis mungkin kesulitan memegang pensil tetapi memiliki memori yang kuat terhadap kata-kata di lagu atau film.
  • Seorang anak autis mungkin mengalami kesulitan mengetahui cara bermain game dengan rekannya, tetapi  memiliki pemahaman yang sangat baik tentang bagaimana komputer bekerja.
  • Seorang anak autis mungkin mengalami kesulitan berbicara tetapi memiliki kemampuan membangun struktur yang rumit dari Lego.

5. Memiliki Indra yang Lebih Sensitif

Ciri-ciri anak autis ini mudah dikenali karena seorang anak akan bereaksi kuat jika satu atau lebih indra yang dimilikinya mendapatkan stimulus. Misalnya, seorang anak dapat menunjukan reaksi berlebih terhadap sinar matahari, sementara anak yang lain mungkin bisa merasa risih dengan label yang ada pada pakaian atau suara keras.

Meski terdapat indra yang lebih sensitif, ciri-ciri anak autis juga bisa terlihat dari kesulitan mengenali warna, bau, atau tekstur makanan tertentu. Kondisi ini bisa membuat seorang anak membatasi apa yang mereka makan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...