Beberapa Ciri dan Gejala Maag Akut
ilustrasi

Beberapa Ciri dan Gejala Maag Akut

Sabtu, 23 Mei 2020 | 09:05 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Istilah “maag” tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun, seseorang bisa mengalami maag akut tanpa pernah menyadarinya. Maag akut itu sendiri adalah serangkaian gejala maag umum yang datang tiba-tiba dengan intensitas nyeri lebih hebat, tapi hanya berlangsung sebentar. Lantas, seperti apa gejala atau ciri-ciri maag akut? Mari cari tahu informasinya berikut ini.

Apa saja ciri-ciri dan gejala maag akut?

Masih banyak orang yang mengartikan maag sebagai suatu penyakit yang berdiri sendiri, padahal nyatanya bukan. Menurut Mayo Clinic, maag yang dalam bahasa medisnya disebut adalah istilah untuk merujuk pada sekumpulan gejala akibat penyakit tertentu terkait sistem pencernaan.

Itu sebabnya maag dapat disebabkan oleh berbagai masalah pencernaan, seperti gastritis (radang lambung), GERD (refluks asam lambung), tukak lambung, maupun sindrom iritasi usus besar (IBS).

Lebih jelasnya, pahami beberapa gejala atau ciri-ciri maag akut yang umumnya terjadi, yaitu:

1. Mual dan muntah

image0

Mual dan muntah merupakan salah satu ciri-ciri maag, baik itu pada maag kronis maupun maag akut akibat gastritis. Setiap kali Anda merasakan mual, saat itu juga rasa ingin muntah muncul.

Setelah berhasil muntah dan mengeluarkan isi perut, biasanya Anda akan merasa jauh lebih lega. Ciri-ciri maag akut yang satu ini juga dapat muncul ketika porsi makanan dalam sekali makan terlalu banyak.

Padahal mungkin saja, sebenarnya jumlah tersebut memang biasa Anda makan sehari-hari. Namun, karena sedang mengalami gejala maag akut, porsi makanan tersebut tampak berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan biasanya.

Hal inilah yang kemudian membuat Anda merasa mual dan ingin muntah. Itulah mengapa ciri-ciri maag akut yang satu ini biasanya semakin terasa usai makan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...