Beberapa Fakta Unik Terkait Golongan Darah AB
ilustrasi

Beberapa Fakta Unik Terkait Golongan Darah AB

Minggu, 22 Nov 2020 | 08:28 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Golongan darah yang Anda miliki menggambarkan genetik, kepribadian, hingga risiko penyakit di kemudian hari. Tipe darah AB akan menunjukkan ciri khas yang berbeda daripada golongan darah A, B, atau O, begitu pula sebaliknya. Salah satunya, tipe darah AB cenderung langka dibandingkan dengan tipe darah lainnya. Lebih lengkap, simak paparan lengkap soal fakta unik golongan darah AB di bawah ini. 

Bagaimana seseorang bisa punya golongan darah AB?

image0

Golongan darah ditentukan oleh ada atau tidaknya antigen tertentu, yaitu zat yang dapat memicu respons imun jika ada zat asing bagi tubuh. Anda disebut memiliki tipe darah AB karena memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki antibodi.

Anda bisa mendapatkan golongan darah AB karena diturunkan dari kedua orangtua Anda, dengan kondisi:

  • Golongan darah ayah dan ibu sama-sama A atau B 
  • Golongan darah ayah dan ibu sama-sama AB

Seperti tipe darah lainnya, tipe darah AB juga dapat dibedakan melalui sistem rhesus, yaitu antigen lain yang mungkin terdapat pada sel darah merah Anda. Jika ada, golongan darah Anda disebut sebagai rhesus positif. Namun, jika tidak ada, golongan darah Anda disebut rhesus negatif. 

Penentuan golongan darah ini penting ketika Anda ingin menjadi pendonor darah atau menerima darah dari orang lain. Anda dapat mengetahui tipe darah yang Anda miliki melalui cek golongan darah. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...