Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita
ilustrasi

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Kamis, 5 Mar 2020 | 13:56 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Seiring dengan bertambahnya umur, perubahan fisik tidak dapat dihindari. Perubahan fisiologis yang dipengaruhi usia ini ternyata juga berpengaruh terhadap kesuburan wanita. Mengapa demikian?

Pengaruh usia terhadap kesuburan wanita

image0

Umur merupakan salah satu faktor utama yang sangat menentukan kesuburan seorang wanita. Hal ini dikarenakan seiring dengan bertambahnya usia, jumlah dan kualitas sel telur pun ikut terpengaruh. 

Umumnya, seorang wanita lahir dengan sel telur yang akan ia miliki semasa hidupnya. Jika umur Anda bertambah, tentu sel telur pun ikut menua dan jumlahnya akan menurun bersama dengan kualitasnya. 

Penurunan tersebut akan terus terjadi secara alami dari Anda dilahirkan sampai mencapai usia menopause. Bahkan, kualitas dan jumlah sel telur Anda akan berkurang lebih cepat pada pertengahan usia 30-an. 

Maka itu, umur adalah salah satu faktor terpenting perihal kesuburan wanita. Gaya hidup dan kesehatan memang tidak kalah penting, tetapi keduanya tidak begitu banyak berpengaruh dibandingkan efek usia Anda. 

Namun, masih banyak wanita di luar sana yang tidak mengetahui fakta tersebut.  Menurut sebuah penelitian dari JBRA Assisted Reproduction, lebih banyak wanita yang sadar tentang efek penuaan ketika hamil dibandingkan penurunan kesuburan terkait usia. 

Oleh karena itu, diperlukan edukasi tertentu agar para wanita lebih paham tentang kesuburan mereka sendiri. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...