Beberapa Gangguan Pencernaan yang Sering Muncul

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Gangguan Pencernaan yang Sering Muncul ilustrasi
Winnetnews.com - Sistem pencernaan manusia tersusun dari beberapa organ dan jaringan. Setiap penyusun sistem pencernaan ini dapat mengalami masalah dan menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Apa saja gangguan sistem pencernaan yang paling sering ditemui?

Gangguan Sistem Pencernaan Paling Umum

Berikut adalah penyakit pada sistem pencernaan yang umum terjadi:

1. Diare

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Diare mengacu pada kondisi di mana feses memiliki konsentrasi yang lebih encer dengan frekuensi buang air besar yang terkadang juga meningkat.

Penyebab gangguan pencernaan satu ini beragam, bahkan diare sering kali menjadi salah satu gejala dari penyakit pencernaan lainnya. Penyebab diare meliputi virus, bakteri, efek samping obat, intoleransi makanan, hingga efek samping operasi.

Gejala diare dapat meliputi feses yang berair, sakit perut, dan frekuensi buang air besar meningkat. Diare juga dapat menimbulkan gejala yang lebih parah seperti mual, kembung, hingga adanya lendir dan darah dalam kotoran.

Penanganan untuk diare disesuaikan dengan penyebab diare. Minum air putih dan menghindari makanan yang dapat memperburuk diare seperti makanan tinggi serat, makanan berlemak, makanan pedas, dan lainnya dapat membantu penyembuhan diare.

Apa Reaksi Kamu?