Beberapa Gejala Gangguan Batu Empedu yang Harus Diketahui

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Gejala Gangguan Batu Empedu yang Harus Diketahui ilustrasi
Winnetnews.com - Batu empedu adalah batuan yang terbentuk dari lemak, kolesterol, dan cairan buangan lainnya yang mengeras di dalam kantung empedu. Apa saja gejala batu empedu yang harus diwaspadai?

Penyebab terbentuknya batu empedu

Batu empedu terbentuk dari zat dan mengeras di dalam kantung empedu. Empedu merupakan organ kecil yang tersambung dengan hati, letaknya di perut kanan atas. Kantung empedu juga merupakan organ yang termasuk dalam sistem pencernaan manusia. 

Di dalam empedu, terdapat cairan coklat kekuningan yang diproduksi oleh hati. Fungsi cairan ini digunakan untuk memecah dan mencerna makanan berlemak dan kolesterol sebelum diproses oleh usus kecil.

Apabila cairan di dalam kantong empedu habis atau tidak cukup, maka kolesterol dan lemak yang tidak sempat diproses oleh empedu akan membentuk zat padat mirip batuan. 

Berbagai gejala batu empedu yang mungkin Anda rasakan

Menurut Jordan Knowlton, perawat ahli dari University of Florida Health Shands Hospital, batu empedu terbentuk dari kombinasi garam empedu, kolesterol dan bilirubin. 

Pada awalnya batu terbentuk kecil dan sedikit sehingga kemungkinan tidak memunculkan gejala berarti. Namun, batu empedu barulah memunculkan berbagai gejala tidak mengenakkan jika dibiarkan terus membesar.

1. Tampak batuan di dalam kantung empedu

Gejala yang paling umum dari kondisi ini tentunya adalah batu yang ditemukan dalam kantong empedu. Keberadaan batu dalam empedu bisa diperiksa dokter dengan ultrasound atau CT scan.

Berikut adalah jenis batu yang bisa ada di dalam empedu Anda:

  • Batu kolesterol: Batu jenis ini paling umum dan diakibatkan oleh kolesterol tinggi. Batu kolesterol akan berwarna kekuningan ketika dikeluarkan. Batu empedu ini lebih sering ditemukan pada  wanita dengan berat badan berlebih.
  • Batu empedu pigmen: Batu empedu ini berwarna hitam atau kecokelatan karena disebabkan penumpukan pigmen dari kalsium murni bilirubin. Masalah kesehatan seperti kerusakan hati dan kelainan darah tertentu dapat menyebabkan hati Anda memproduksi bilirubin terlalu banyak. Batu yang terbuat dari pigmen bilirubin sering menyumbat dan ditemukan pada empedu yang sudah terinfeksi.

Apa Reaksi Kamu?