Beberapa Gejala Sakit Maag yang Perlu Diwaspadai
ilustrasi

Beberapa Gejala Sakit Maag yang Perlu Diwaspadai

Rabu, 10 Jul 2019 | 09:49 | Rusmanto
Winnetnews.com - Maag bisa terjadi kapan pun dan dimana pun, bahkan tanpa memandang usia. Ketika maag tiba-tiba kambuh, biasanya bisa mengacaukan segala aktivitas yang sedang maupun akan dilakukan. Maka itu, sebaiknya kenali gejala naiknya asam lambung yang bisa mengarah pada maag agar bisa diatasi dengan obat yang tepat. Lantas, apa saja gejala yang muncul ketika Anda mengalami maag? Mari simak informasi berikut ini.

Apa itu penyakit maag?

image0

Sebelum jauh melangkah mengenali gejala maag, perlu Anda pahami dulu definisi yang sebenarnya dari kondisi ini. Kebanyakan orang mengartikan maag sebagai penyakit. Padahal, tidak seperti penyakit jantung, diabetes, atau asam urat, maag bukanlah suatu penyakit sungguhan.

Maag adalah sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk menggambarkan keluhan pada sistem pencernaan. Jadi bisa dikatakan bahwa sebenarnya maag hanyalah sekumpulan gejala yang menandakan adanya suatu penyakit tertentu.

Itulah mengapa ada berbagai penyebab yang bisa mengawali munculnya maag. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, hingga beragam penyakit terkait sistem pencernaan.

Meliputi gastroesophageal reflux disease (GERD), irritable bowel syndrome (IBS), infeksi perut, peradangan lambung (gastritis), hingga tukak lambung. Siapa pun yang mengalami maag, biasanya akan mengalami berbagai masalah pada saluran pencernaan.

Termasuk perut, ulu hati, hingga menjalar ke kerongkongan. Maag dapat dialami oleh siapa saja, tapi umumnya gejala dari kondisi ini bisa bervariasi pada setiap orang. Bukan hanya itu saja, frekuensi terjadinya maag yang dialami masing-masing orang juga tidak sama.

Mungkin ada yang cukup sering mengalaminya, sementara yang lainnya terbilang sangat jarang. Lagi-lagi, maag memang bukanlah suatu penyakit khusus.

Akan tetapi, kemunculan maag maupun beragam gangguan pencernaan lainnya harus tetap diperhatikan dan tidak boleh disepelekan. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, gejala maag bisa menjadi pertanda adanya adanya risiko penyakit yang lebih parah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...