Beberapa Hal yang Bisa Buat Libido Wanita Menurun
ilustrasi

Beberapa Hal yang Bisa Buat Libido Wanita Menurun

Sabtu, 21 Nov 2020 | 18:27 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kenikmatan ketika berhubungan seks sangat dipengaruhi oleh libido atau gairah seksual seseorang. Namun, seringkali terjadi gairah seks menurun karena berbagai macam alasan. Penurunan gairah seks ini mungkin jadi hal yang kerap dialami oleh wanita.

Kondisi ini bisa membuat hubungan pasangan menjadi renggang. Simak 8 alasan yang membuat libido seks pada wanita menurun seperti dikutip dari Medical News Today berikut:

1. Kekurangan tidur

Penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Sexual Medicine pada tahun 2015 menemukan wanita yang tidur cukup memiliki tingkat gairah seks yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang kekurangan tidur.
 
Untuk itu, wanita dianjurkan untuk tidur 7-9 jam per hari. Jika Anda memiliki masalah tidur seperti insomnia, temui dokter dan konsumsi obat yang dianjurkan.

2. Terpapar bahan kimia berbahaya

Salah satu jenis bahan kimia yang dapat menurunkan libido seks contohnya ftalat, golongan bahan kimia yang ditemukan dalam plastik, produk perawatan, produk pembersih, dan bahkan makanan cepat saji mengandung endokrin. Endokrin ini yang dapat mengganggu sistem hormon pada wanita.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester menemukan bahwa wanita yang memiliki kandungan ftalat dalam urine berisiko 2,5 kali lebih tinggi mengalami gangguan libido.

3. Memiliki masalah dengan pasangan

Menurut psikologi, permasalahan dalam hubungan memiliki keterkaitan dengan libido seseorang. Hal ini normal terjadi. Sehingga pasangan yang memiliki masalah misalnya karena kurang komunikasi akan menyebabkan penurunan libido pada wanita.

4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan pil KB atau transdermal terbukti memiliki efek samping penurunan libido seseorang. Untuk itu, pelajari dan batasi setiap obat-obatan yang Anda konsumsi untuk menghindari efek samping penurunan libido.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...