Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Mudah Pikun

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Mudah Pikun ilustrasi
Winnetnews.com -  Otak adalah salah satu organ di dalam tubuh yang Anda gunakan setiap hari. Sehingga, agar otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik, Anda juga harus ‘merawat’nya agar tidak mudah pikun. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan latihan otak demi meningkatkan ingatan, konsentrasi, dan fungsi otak.

9 latihan otak yang bisa dilakukan setiap hari demi mencegah pikun

Untuk mencegah otak cepat pikun, ada beberapa latihan yang bisa Anda lakukan. Latihan ini termasuk ke dalam gaya hidup sehat yang bisa dipraktikkan setiap hari agar menjadi kebiasaan. Lantas, apa saja latihan yang dianjurkan?

1. Melatih ingatan

Jika Anda melihat sebuah daftar, baik itu daftar nama atau daftar belanjaan, misalnya, cobalah untuk mengingatnya. Latihan otak ini dapat digunakan untuk mengetes kemampuan demi mencegah pikun.

Setelah satu jam, cobalah untuk mengingat-ingat informasi yang ada dalam daftar yang telah Anda hafalkan. Kalau perlu, buat sendiri daftar panjang mengenai suatu hal dengan kata-kata yang susah. Semakin susah, otak Anda akan semakin terstimulasi.

2. Dengarkan atau mainkan alat musik

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan setiap hari adalah mendengarkan musik. Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu latihan otak karena dapat menstimulasi otak.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari cara memainkan instrumen musik, mulai dari gitar, piano, atau drum. Saat mempelajari hal yang baru, sel-sel saraf otak yang baru akan muncul dan menyimpan semua informasi baru yang sedang Anda pelajari tersebut.

Tentu saja, semakin sering melakukan latihan ini semakin baik untuk ingatan Anda.

3. Hitung-hitungan di kepala

Daripada menghitung menggunakan kalkulator yang ada di ponsel atau mencorat-coret kertas, melakukan hitung-hitungan di dalam kepala adalah salah satu latihan otak untuk mencegah pikun.

Pasalnya, untuk mendapatkan jawaban yang benar, menghitung dengan cara membayangkan lebih banyak tantangannya daripada melihat angka-angkanya di depan mata.

Apa Reaksi Kamu?