Beberapa Hal yang Bisa Membuat Kolesterol Naik
ilustrasi

Beberapa Hal yang Bisa Membuat Kolesterol Naik

Selasa, 2 Jul 2019 | 14:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Kolesterol tinggi sering dijuluki sebagai penyakitnya orang tua atau orang gemuk. Padahal, anak muda dan orang bertubuh kurus juga bisa punya kadar kolesterol di atas batas normal. Kok bisa? Nah, penting bagi Anda mengetahui apa saja penyebab kolesterol naik untuk mengetahui seberapa besar risiko Anda, juga sekaligus menghindari risiko komplikasinya di kemudian hari.

Fungsi kolesterol dalam tubuh

Kolesterol adalah zat lilin mirip lemak yang berwarna putih. Kolesterol tersebar di seluruh sel tubuh. Tubuh manusia sebenarnya memproduksi sendiri persediaan kolesterolnya di hati (liver). Namun, sebagian besar asupan kolesterol yang kita dapat berasal dari makanan sehari-hari.

Kolesterol tidak selalu buruk. Kenyataannya, kita butuh kolesterol untuk membentuk sel dan menjaganya tetap sehat. Selain itu, kolesterol juga dibutuhkan tubuh untuk membantu membuat hormon (kortisol, testosteron, dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu. Masing-masing zat ini tentu memiliki peran dan manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh.

Jenis-jenis kolesterol

Kolesterol tidak bergerak sendiri dalam darah. Kolesterol akan bergabung bersama protein khusus untuk kemudian mengalir dalam darah. Nah, gabungan antara kolesterol dan protein disebut lipoprotein.

Ada tiga jenis liprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda, di antaranya:

1. Low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat

Kolesterol LDL dikatakan jahat karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh (aterosklerosis) apabila jumlahnya terlalu banyak dalam darah. Kolesterol jahat LDL adalah penyebab dari stroke atau penyakit jantung.

2. High density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik

Kolesterol HDL dikatakan baik karena membantu hati mengurai LDL, untuk mengubahnya menjadi empedu sebelum dibilas keluar dari tubuh. Sederhananya, kolesterol HDL membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alhasil, pembuluh darah bersih dari endapan kolesterol. 

3. Very low density lipoproteins (VLDL)

VLDL mirip dengan LDL. Lipoprotein ini mengandung banyak lemak yang disebut trigliserida.

Trigliserida adalah jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi jika glukosa (gula darah) sebagai sumber utama energi utama sudah habis. Lemak jenis ini dihasilkan dari makanan tinggi lemak dan makanan sumber karbohidrat.

Kadar VLDL yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...