Beberapa Hal yang Bisa Sebabkan Timbulnya Jerawat

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Hal yang Bisa Sebabkan Timbulnya Jerawat ilustrasi
Winnetnews.com -  Banyak orang yang masih memperdebatkan apakah makanan bisa menyebabkan datangnya jerawat atau tidak. Hal ini disebabkan oleh ada orang yang tidak mengalaminya sama sekali meski mengonsumsi makanan tertentu namun ada orang lain yang mengalaminya. Hanya saja, apakah ada makanan yang bisa membuat risiko terkena jerawat meningkat?

Makanan yang Terkait dengan Jerawat

Berdasarkan penelitian yang melibatkan sekitar 6.700 orang dari enam negara di Benua Eropa dan Amerika, dihasilkan fakta bahwa banyak orang yang mengalami masalah jerawat karena mengonsumsi produk susu. Sekitar 48,2 persen partisipan mengalaminya, namun 38,8 persen partisipan lainnya sama sekali tidak mengalami masalah jerawat meski sering mengonsumsinya.

Beberapa jenis makanan lain seperti minuman bersoda, jus, dan sirup juga bisa membuat 35,6 persen partisipan mengalami jerawat, namun 31 persen lainnya sama sekali tidak mengalaminya. Hidangan seperti roti, kue, dan cokelat menyebababkan 37 persen partisipan mengalami jerawat, namun 27,8 persen partisipan lainnya tidak mengalaminya.

Pakar kesehatan menyebut paparan polusi udara dan stres menjadi penyebab lain mengapa seseorang bisa mengalaim masalah jerawat. Seringkali hal ini juga terkait dengan penggunaan produk pembersih yang tidak tepat.

Dalam penelitian yang hasilnya diungkap dalam European Academy of Dermatology and Venereology (EADV), Madrid, pada Sabtu, 12 Oktober 2019 ini, disebutkan bahwa jerawat adalah penyebab utama mengapa banyak orang datang ke ahli kulit.

“Penelitian kami mengungkap beberapa jenis makanan memang terkait dengan risiko jerawat, meskipun memang risiko ini tidak selalu dialami oleh semua orang,” ucap pemimpin penelitian, dr. Brigitte Dreno dari University Hospital of Nantes, Prancis.

Penelitian ini juga mengungkap konsumsi produk tembakau sepertinya terkait dengan jerawat. Hal ini disebabkan oleh kecenderungannya yang bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

Apa Reaksi Kamu?