Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Bila Hidup Sendiri Saat Pandemi
ilustrasi

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Bila Hidup Sendiri Saat Pandemi

Jumat, 3 Jul 2020 | 06:59 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Pola hidup harian yang berubah akibat COVID-19 memberikan dampak yang cukup serius bagi kesehatan mental setiap orang, termasuk mereka yang tinggal sendirian. Namun, mereka yang hidup sendirian tentu dapat bertahan melewati masa-masa sulit ini. Yuk, ketahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika tinggal sendiri selama pandemi.

Alasan tinggal sendirian selama pandemi perlu berhati-hati

image0

Hidup sendiri dalam waktu yang lama, terutama jauh dari keluarga di tengah pandemi tentu bisa berdampak pada kondisi psikologis. Perasaan sepi, stres, atau frustrasi akibat masa-masa yang tidak pasti ini tentu tidak dapat dihindari bagi sebagian orang. 

Sebagai contoh, kesepian sering dikaitkan dengan orang yang tinggal sendirian meskipun tidak semuanya mengalami hal yang sama. Apabila dibiarkan begitu saja, kesepian dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental, seperti depresi hingga keinginan untuk bunuh diri. 

Sementara itu, COVID-19 membuat orang-orang melewati masa-masa yang tidak pasti. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal sendiri mungkin akan lebih sulit berpikir positif selama pandemi. 

Hal ini dikarenakan ketika kehidupan normal sebelum pandemi membuat Anda lebih mudah mengatasi rasa sepi itu dengan bekerja atau bertemu teman-teman. Namun, aktivitas tersebut tidak lagi dapat dilakukan dan bepergian ke luar pun menjadi terbatas demi mencegah penyebaran virus. 

Oleh karena itu, Anda yang tinggal sendiri perlu lebih berhati-hati ketika merencanakan aktivitas sehari-hari selama pandemi. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kesehatan fisik dan mental sebagai upaya menghadapi wabah COVID-19. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...