Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Rusmanto

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa
ilustrasi
Winnetnews.com -  Makanan yang tepat tidak hanya akan membuat tubuh bugar dan terhidar dari berbagai macam penyakit, namun juga berpengaruh pada kesehatan jiwa seperti dark chocolate. Dark chocolate digadang-gadang menjadi camilan sehat selama berolahraga karena dapat meningkatkan performa atletik Anda. Di sisi lain, cokelat terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol dan menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan tenang dan bahagia. Apalagi makanan yang baik untuk kesehatan jiwa?

Pilihan makanan terbaik untuk kesehatan jiwa

Berikut ini 5 asupan makanan terbaik untuk kesehatan jiwa yang harus Anda ketahui:

1. Lemak ikan

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi, seperti ikan salmon, sarden dan makarel, telah terbukti mengurangi gejala skizofrenia, depresi, sindrom ADHD dan gangguan mental lainnya. Selain itu, seseorang yang rutin mengonsumsi ikan juga bisa memperlambat penurunan kognitif otak yang dipengaruhi usia.

Penelitian tahun 2005 di jurnal Archives of Neurology menemukan seseorang yang berusia 65 tahun yang mengonsumsi dua kali ikan dalam seminggu selama enam tahun terhindar dari penurunan fungsi kognitif sebanyak 13 persen dibandingkan dengan yang tidak teratur mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena pengaruh kandungan asam omega-3 pada produksi neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yaitu bahan kimia otak yang bertanggung jawab atas suasana hati kita.  

2. Gandum utuh

Karbohidrat adalah bahan bakar utama tubuh yang terdiri dari gula. Karbohidrat pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu: karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana dipecah dengan mudah di dalam tubuh. Namun sayangnya, karbohidrat sederhana bisa memicu kenaikan kadar gula dalam darah secara signifikan.

Sedangkan karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah gula, namun memberikan simpanan energi lebih lama. Berdasarkan penelitian, asupan gula berlebih dapat meningkatkan gangguan mental umum seperti rasa cemas dan depresi. Nah, whole grain termasuk dalam karbohidrat kompleks yang selain kaya serat juga menyediakan sumber bahan bakar yang baik untuk otak dan tubuh sehingga bisa dikaitkan dengan kesehatan psikologis yang lebih baik.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...