Beberapa Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan oleh Penderita Prostat
ilustrasi

Beberapa Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan oleh Penderita Prostat

Kamis, 13 Feb 2020 | 19:39 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang, terutama bagi Anda yang menderita penyakit prostat, seperti pembesaran prostat jinak (BPH). 

Namun, apakah ada olahraga yang bisa dilakukan oleh para penderita kelainan prostat ini? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Jenis olahraga yang cocok untuk penderita penyakit prostat

Mungkin sebagian dari Anda menyangka bahwa orang yang menderita pembesaran prostat tidak diperkenankan untuk melakukan olahraga berat karena bisa membua kondisi semakin parah. 

Faktanya, ada beberapa gerakan olahraga tertentu yang justru bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang dialami penderita penyakit prostat, seperti:

1. Senam kegel

image0

Seperti yang dilansir dari laman UCLA Health, senam kegel termasuk jenis olahraga yang cocok dilakukan untuk penderita penyakit prostat. 

Senam kegel merupakan salah satu latihan yang tujuannya untuk mengencangkan otot panggul bawah Anda. Otot tersebut berfungsi untuk membantu mengelola aliran urine Anda. 

Dulunya, senam ini ditujukan untuk membantu para ibu hamil yang mengalami masalah inkontinensia urin tanpa obat dan operasi. 

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, senam ini akhirnya juga dilakukan oleh wanita biasa dan pria. Senam kegel untuk pria biasanya berguna untuk membantu pria mengatur urinenya setelah menjalani operasi prostat dan melatih otot yang ada di sekitarnya. 

Oleh karena itu, senam kegel termasuk baik dilakukan oleh para penderita kelainan prostat untuk mengurangi gejala terlalu sering buang air kecil. 

Bagi Anda yang baru saja memulai senam kegel saat menderita pembesaran prostat mungkin merasa kesulitan untuk melakukan gerakan tersebut 10-20 kali.

Tidak perlu khawatir, seberapa banyak Anda bisa melakukan senam kegel tidak jauh lebih penting dengan bagaimana Anda melakukannya. 

Asalkan Anda melakukan senam kegel dengan benar, Anda bisa menambah angka tersebut pelan-pelan sampai mencapai 20 kali. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh manfaat dari senam kegel secara maksimal untuk mengurangi gejala yang Anda alami.  

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...