Beberapa Kegiatan Berikut Ini Akan Merusak Daya Tahan Tubuh
ilustrasi

Beberapa Kegiatan Berikut Ini Akan Merusak Daya Tahan Tubuh

Rabu, 3 Jul 2019 | 08:31 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk menangkal semua jenis kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat. Sebaliknya, bila daya tahan tubuh menurun, kuman mudah masuk, sehingga gampang sekali terserang penyakit. Karena itu, agar tidak mudah sakit, Anda harus meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayangnya tanpa disadari, gaya hidup Anda dapat mempengaruhi seberapa baik sistem kekebalan tubuh Anda dapat melindungi Anda dari kuman, virus, maupun penyakit kronis. Oleh karena itu, mengganti kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan Anda dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap dalam keadaan optimal.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat merusak daya tahan tubuh Anda:

1. Kurang tidur

Banyaknya aktivitas yang harus Anda jalani terkadang memang dapat membuat tidur Anda berkurang. Kurang tidur dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda gagal dalam melindungi Anda dari pilek, batuk, dan penyakit lainnya. Akibatnya, kurang tidur dapat berpengaruh terhadap masalah kesehatan mental dan fisik, termasuk dapat meningkatkan produksi hormon stres karena menurunnya daya tahan tubuh.

2. Jarang bergerak

Kemudahan teknologi terkadang membuat Anda jarang berolahraga karena terlalu asyik dalam menggunakan smartphone, entah untuk bermain games, foto-foto, atau bermain sosial media. Padahal, jika Anda tidak berolahraga secara teratur, Anda lebih mungkin untuk terserang pilek, batuk, atau penyakit lainnya karena olahraga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan membuat tidur Anda nyenyak sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

3. Terlalu banyak garam dan gula, kurang makan buah dan sayur

The American Academy of Nutrition and Dietetics menekankan bahwa konsumsi makanan yang bergizi sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Konsumsi makanan yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda adalah makanan yang kaya akan lemak jenuh, termasuk konsumsi terlalu banyak garam dan gula.

Oleh karena itu, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda maka Anda perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan E, seperti   buah jeruk, kiwi, apel, anggur merah, kale, bawang, bayam, ubi jalar, dan wortel termasuk bawang putih.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...