Beberapa Kesalahan Memakai Bawang Putih

Beberapa Kesalahan Memakai Bawang Putih

WinNetNews.com- Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh namun ada beberapa kesalahan yang kerap kita lakukan ketika kita mengunakan bawang putih.

1. Bawang Putih Yang Terlalu Matang.

Rasa bawang putih yang tajam akan melembut saat dimasak dan warnanya berubah jadi keemasan. Namun, bila dimasak lebih lama sampai warnanya gelap, Anda bisa membuatnya terasa pahit, tak enak.

Koreksi: Bila Anda memiliki kebiasaan buruk bakar potongan bawang putih, coba saja trik dari penulis buku masak Italia, Marcella Hazan: Jangan tunggu wajan jadi panas sebelum memasukkan bawang putih. Campur minyak goreng atau mentega dengan bawang putih dalam wajan dingin, lalu nyalakan api kecil. Saat bawang putih mulai mendesis panas, mulailah untuk mengaduknya dengan sering. lewat cara ini, Anda memasak bawang putih dengan perlahan dan secara bertahap sehingga mendapatkan bawang putih ’emas’ setiap saat.

2. Bawang Putih Yang Terlalu Mentah.

Bawang putih terasa terlalu tajam (dan garing) bila memasaknya kurang matang. Umumnya penyebabnya: Tak memotongnya jadi potongan-potongan yang cukup kecil sebelum dimasukkan ke dalam wajan.

Koreksi: Ratakan bawang putih sebelum Anda potong atau mengiris-irisnya. (Hal ini juga memudahkan Anda guna mengupasnya.) Tempatkan pisau koki besar secara datar di atas siung bawang putih hingga seluruh bawang berada di bawah sisi pisau, lalu gunakanlah tumit tangan Anda untuk menggencet sisi pisau itu. Potong bawang putih yang sudah diratakan jadi potongan atau irisan bawang putih yang lembut dan lebih mudah untuk dimasak.

3. Bawang Putih Yang Terlalu tua.

Bawang putih kering yang lembek miliki rasa apek yang kuat.

Koreksi: Selalu pencet bawang putih sebelum Anda membelinya. Pilih bawang putih yang keras, padat, dan kulitnya kering. Dorian Gallegos, direktur pengadaan di Frieda’s, perusahaan pemasok bahan-bahan makanan, menganjurkan untuk hindari bonggol yang tumbuh tunas, yang menjadi pertanda usianya. Simpan bawang putih Anda di kantong kertas terbuka yang disimpan di tempat sejuk dan kering, terhindar dari sinar matahari langsung. Kantong plastik dapat membuatnya membusuk. Dan, hindarilah menyimpannya di kulkas, sebab hal itu bisa membuat tunasnya tumbuh.

Sumber:menshealth.co.id

Foto: http://www.care2.com