(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Beberapa Kota Besar di Asia Rawan Bencana

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Kota Besar di Asia Rawan Bencana
WinNetNews.com - Jakarta dan sejumlah kota besar di Asia merupakan kota yang paling rawan dilanda bencana alam. Bencana yang siap melanda kota-kota tersebut mulai dari siklon hingga gempa bumi. Hal tersebut terungkap dalam laporan Indeks Kerentanan Bahaya Alam yang dikeluarkan analis risiko Verisk Maplecroft , yang berkantor pusat di Inggris.

Menurut laporan itu, kota besar yang paling rawan dilanda bencana adalah Manila, Filipina. Kota ini menghadapi tiga ancaman bencana, siklon, badai super dan gempa bumi.

Kota Tokyo di Jepang dan Jakarta berada di urutan kedua. Selanjutnya adalah Kota Dongguan di China selatan, Dhaka di Bangladesh dan Kalkuta di India. Mexico City di Mexico, Delhi di India dan Sao Paulo di Brasil merupakan kota berpenduduk besar yang rawan terhadap badai besar.

"Analisis ini menunjukkan pemerintah memegang peran penting untuk mengurangi kerawanan tersebut," kata laporan itu.

Laporan itu menyebutkan tanpa reformasi besar-besaran dan stabilitas politik, negara seperti India dan Filipina tidak akan mengalami perbaikan dalam beberapa tahun ke depan.

 

Namun, kata laporan itu, kemampuan untuk menghadapi suatu bencana bakal menentukan jumlah kematian yang ditimbulkan oleh suatu bencana. Misalnya seperti gempa bumi besar yang melanda Chili yang menyebabkan ratusan orang tewas.

Laporan itu mengatakan frekuensi dan besaran suatu bencana alam tidak bisa dikendalikan. "Namun pengembangan dan implementasi strategi pengurangan risiko bencana dapat membantu meminimalkan dampak terhadap kemanusiaan dan ekonomi," katanya.

Laporan itu juga menyebutkan 1,5 miliar warga yang tinggal di kota-kota Asia Selatan seperti di India, Bangladesh, dan Pakistan sedikitnya terancam satu bencana alam besar, khususnya banjir, badai dan gempa bumi.

Selain itu, kata laporan itu, meski kota-kota di Asia termasuk paling rawan bencana, namun penduduk yang tinggal di kota-kota sub sahara Afrika adalah yang paling rentan. Ini karena negara-negara yang berada di kawasan itu seperti Sudan Selatan, Burundi, Eritrea, Chad, Niger, Sudan, Mali dan Republik Demokratik Kongo tidak memiliki pertahanan terhadap bencana.

disadur dari situs mediaindonesia

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});