Beberapa Latihan Pernapasan untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru
ilustrasi

Beberapa Latihan Pernapasan untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru

Selasa, 2 Jul 2019 | 10:03 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Orang yang memiliki PPOK, mempunyai kondisi paru-paru yang telah rusak. Akibatnya, penurunan fungsi paru-paru akibat kerusakan itu menimbulkan sejumlah gangguan pernapasan.

Tak hanya orang dengan PPOK, beberapa orang lain yang juga memiliki masalah dengan paru-parunya memiliki kemungkinan mengalami penurunan fungsi paru-paru. Beberapa faktor yang mungkin membuat seseorang mengalami penurunan fungsi paru antara lain seperti merokok, asma, kanker paru, dan emfisema yang merupakan salah satu penyakit umum orang dengan PPOK.

Lantas, bagaimana jika fungsi paru Anda menurun? Tenang dulu. Kabar baiknya adalah fungsi paru-paru dapat ditingkatkan dengan melakukan beberapa jenis latihan sederhana secara teratur. Apa saja yang dapat dilakukan?

Perbaiki fungsi paru-paru Anda dengan 5 latihan berikut

1. Ambil napas dalam

Banyak ahli percaya bahwa mengambil napas dalam akan meningkatkan kapasitas paru-paru. Untuk melakukannya, berdirilah tegak dengan lutut yang relaks. Membungkuklah sembari membuang semua udara di paru-paru secara perlahan.

Saat semua udara di paru-paru sudah Anda kosongkan, kembalilah ke posisi tegak Anda sambil menghirup udara sebanyak mungkin dengan kecepatan sama. Tahanlah napas Anda untuk beberapa saat, jika mungkin selama 15-20 hitungan. Anda bisa meluruskan lengan ke atas saat berhitung dan menurunkannya saat mengembuskan napas secara perlahan. Ulangi hal ini sebanyak 3-4 kali.

2. Regangkan rusuk

Latihan ini akan membantu menguatkan otot-otot pernapasan Anda. Berdirilah dalam posisi tegak dan buang semua udara dari paru-paru. Kemudian, mulailah menghirup udara dan gembungkan paru-paru Anda sampai batas maksimal. Tahan napas selama minimal 20 detik. Letakkan tangan Anda di pinggang dengan ibu jari di depan dan jari lainnya menyentuh punggung. Buang napas secara perlahan dan relaks. Lakukan hal ini paling tidak sebanyak tiga kali.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...