Beberapa Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Penderita Maag
ilustrasi

Beberapa Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Penderita Maag

Selasa, 12 Jan 2021 | 13:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Gejala maag kerap muncul dan kambuh akibat pilihan makanan yang tidak tepat, misalnya makanan pedas dan asam. Inilah mengapa penderita sakit maag biasanya dianjurkan untuk cermat dalam memilih makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehari-hari.

Agar fungsi lambung cepat pulih seperti sedia kala, apa saja pilihan makanan dan minuman yang sebaiknya Anda konsumsi? Simak rekomendasinya berikut ini.

Pilihan makanan terbaik untuk penderita sakit maag

image0

Obat maag biasanya menjadi solusi pertama untuk meredakan gejala yang mendadak kambuh. Selain itu, sebenarnya ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yaitu selektif memilih asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan produksi asam lambung atau memperparah keluhan maag. Itu sebabnya pemilihan jenis makanan menjadi salah satu perawatan untuk mencegah komplikasi serta kekambuhan gejala maag.

Berikut adalah pilihan makanan yang tepat untuk Anda yang bermasalah dengan sakit maag.

1. Oatmeal

Oatmeal diyakini baik untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, terutama akibat naiknya asam lambung. Pasalnya setelah dimakan, olahan yang berasal dari gandum ini ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung.

Oatmeal juga membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi akibat asam lambung yang meningkat. Menariknya, serat dalam oatmeal juga dapat melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Agar lebih nyaman untuk sistem pencernaan, sebaiknya hindari penggunaan krim kental ke dalam oatmeal. Sebagai gantinya, Anda bisa mencampurkan susu rendah lemak atau susu almond ke dalam semangkuk oatmeal.

2. Pisang

Pisang adalah makanan dengan kandungan asam yang rendah sehingga baik untuk orang yang sedang mengalami sakit maag. Teksturnya yang lumat juga membantu membentuk lapisan pelindung pada kerongkongan yang mengalami iritasi.

Berkat kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga mampu melancarkan kerja usus dan mencegah sembelit. Dengan begitu, keluhan seperti sakit perut, perut kembung, atau rasa tidak nyaman pada perut dapat berkurang.

3. Melon

Sama seperti pisang, melon juga termasuk makanan dengan sifat asam yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit lambung. Bahkan, melon sebenarnya memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat kandungan mineral berupa magnesium.

Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yaitu salah satu obat tanpa resep untuk meredakan sakit maag. Obat ini bekerja dengan menetralisasi asam lambung sehingga gejala berangsur membaik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...