Beberapa Makanan Pencegah Kaker Usus
ilustrasi

Beberapa Makanan Pencegah Kaker Usus

Senin, 3 Jun 2019 | 13:50 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu masalah kesehatan yang paling mematikan umat manusia adalah kanker usus. Kanker ini cenderung tidak menyebabkan gejala kesehatan yang jelas hingga baru bisa dideteksi saat kondisinya sudah sangat parah. Hal ini membuatnya sulit untuk diobati sehingga bisa meningkatkan risiko terkena kematian dini.

Kasus kanker usus di Indonesia masih tinggi

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Globocan pada 2012 silam, dihasilkan fakta bahwa kanker usus bertanggung jawab pada 9,5 persen kematian dari total kasus kanker yang ada di Indonesia. Satu dari dua puluh orang di Indonesia juga rentan terkena penyakit ini akibat faktor gaya hidup yang cenderung tidak sehat.

Meski sering dianggap sebagai penyakit yang menyerang lansia, dalam realitanya, 30 persen kasus kanker usus di Indonesia diidap oleh mereka yang berusia kurang dari 40 tahun. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

Beberapa makanan yang bisa membantu mencegah datangnya kanker usus

Salah satu perubahan gaya hidup yang bisa kita jalani demi membantu mencegah datangnya kanker usus adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan risiko terkena kanker ini.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

1. Susu dan produk turunannya

Susu tak hanya baik bagi kesehatan tulang. Rutin mengonsumsi susu dan berbagai jenis produk turunannya seperti yoghurt ternyata juga bisa menurunkan risiko kanker usus dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kalsium tinggi di dalamnya.

Sebagai informasi, kanker usus biasanya berawal dari sel-sel tidak normal adenoma yang tidak ganas. Sayangnya, sel-sel ini membentuk polip yang akhirnya bisa menyebabkan datangnya kanker usus. Dengan rutin mengonsumsi susu yang tinggi kalsium, perkembangan sel-sel tidak normal ini bisa dilawan.

2. Sayur dan buah-buahan

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang paling baik bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh kandungan fitokimia yang bisa menghambat perkembangan kanker dan melawan peradangan yang muncul di dalam tubuh.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa diet tinggi sayur dan buah-buahan bisa menurunkan risiko kanker usus dengan signifikan. Hanya saja, sayuran dan buah yang direkomendasikan adalah yang masih segar, bukannya yang kalengan atau dijadikan jus kemasan.

Beberapa jenis sayur dan buah yang paling direkomendasikan untuk mencegah datangnya kanker ini adalah brokoli, kol, dan jeruk.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...