Beberapa Makanan Penurun Gula Darah yang Aman untuk Penderita Diabetes
ilustrasi

Beberapa Makanan Penurun Gula Darah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Sabtu, 11 Jul 2020 | 00:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Beberapa makanan penurun gula darah seperti oatmeal, yogurt, ubi, alpukat, dan lainnya disarankan untuk penderita diabetes. Ketahui bagaimana cara menurunkan gula darah dan panduan makan lengkap untuk penderita diabetes di sini.

Makanan Penurun Gula Darah

Gula darah (glukosa) adalah gula yang ditemukan di aliran darah yang kemudian diolah oleh insulin untuk menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Kekurangan gula darah akan membuat Anda merasa lemah, sementara kelebihan gula darah dalam jangka panjang akan memicu diabetes.

Penderita diabetes memiliki insulin yang tidak bekerja atau tidak berfungsi maksimal untuk mengolah gula darah menjadi energi. Maka dari itu, penderita diabetes harus mengonsumsi makanan penurun gula darah atau makanan dan minuman dengan Indeks Glikemik rendah, seperti:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan dengan Indeks Glikemik rendah, artinya oatmeal tidak akan membuat kadar gula darah Anda naik atau melonjak tiba-tiba. Selain itu, oatmeal juga mengandung Beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respon insulin, mengurangi respon glukosa, dan membantu mengontrol lemak darah.

Dokter merekomendasikan konsumsi oatmeal 1 cangkir per hari atau sekitar 28 gram karbohidrat. Selain itu, Anda harus memerhatikan tambahan oatmeal Anda dengan buah atau topping yang rendah gula darah juga.

2. Yogurt

Berdasarkan laporan dari beberapa penelitian, yogurt dinilai dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa yogurt adalah satu-satunya produk susu yang rendah gula, namun penelitian lain masih dibutuhkan.

Selain itu, Anda harus memilih yogurt tawar tanpa pemanis buatan seperti Greek yogurt. Greek yogurt dianggap menjadi salah satu alternatif menu sehat untuk mencegah diabetes atau mengontrol gula darah.

3. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah menurunkan gula darah. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga memiliki efek positif untuk tekanan darah, peradangan, dan makanan ramah diabetes.

4. Ikan yang Tinggi Asam Lemak Omega 3

Ikan adalah makanan tinggi protein yang juga termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Selain itu, jenis ikan yang tinggi asam lemak omega 3 juga dinilai aman untuk penderita diabetes dalam porsi yang disesuaikan.

Jenis ikan yang merupakan makanan penurun gula darah, termasuk:

  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Ikan kembung
  • Ikan makarel
  • Ikan halibut

Sebaiknya, makan ikan dengan menu lain yang juga rendah gula.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...