Beberapa Makanan yang Bermanfaat Membersihkan Pembuluh Darah

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Makanan yang Bermanfaat Membersihkan Pembuluh Darah ilustrasi
Winnetnews.com - Semangka dikenal luas sebagai buah yang bisa memberikan sensasi segar setelah dikonsumsi. Buah ini juga tinggi kandungan air yang bisa mengatasi rasa haus dan dehidrasi. Hanya saja, apakah benar jika rutin mengonsumsinya bisa membantu membersihkan pembuluh darah?

Manfaat Makan Semangka bagi Kesehatan Pembuluh Darah

Selain jantung, pembuluh darah memiliki fungsi yang sangat penting bagi sirkulasi darah. Pembuluh darah bisa ditemukan di hampir semua bagian tubuh kita demi memastikan semua jaringan dan organ tubuh mendapatkan darah yang kaya akan nutrisi dan oksigen sehingga bisa berfungsi dengan normal. Masalahnya adalah terkadang pembuluh darah mengalami sumbatan yang membuat sirkulasi darah tidak lancar.

Hambatan pada sirkulasi darah ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak yang ada di dinding bagian dalam pembuluh darah. Penyebabnya seringkali adalah pola makan yang buruk, khususnya yang tinggi lemak jahat. Jika hal ini terus dibiarkan, bisa jadi akan memicu masalah kesehatan yang lebih serius layaknya penyakit jantung atau stroke.

Dengan mengonsumsi semangka secara rutin, kita bisa membantu proses pembersihan pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam amino yang cukup tinggi di dalamnya. Pakar kesehatan menyebut kandungan ini bisa membantu tubuh memproduksi nitrat dengan cukup. Keberadaan nitrat inilah yang akhirnya membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks, membersihkan dan melebarkan pembuluh darah, sekaligus membuat tekanan darah menurun.

Melihat fakta ini, rutin makan semangka memang bisa membantu menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Apa Reaksi Kamu?