Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Penambah Imun
ilustrasi

Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Penambah Imun

Senin, 13 Apr 2020 | 06:55 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Makanan penambah imun dapat membantu tubuh tidak mudah sakit dan terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh manusia membutuhkan nutrisi setiap harinya untuk tumbuh dan bertahan hidup. Nutrisi yang seimbang akan membuat tubuh jadi sangat sehat. Sementara itu, nutrisi yang tidak seimbang bisa membuat tubuh mengalami kekurangan energi. Apa saja makanan penambah kekebalan tubuh? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Daftar Makanan dan Minuman Penambah Imun

Ada banyak pilihan makanan peningkat imunitas dan bisa digunakan untuk membuat tubuh selalu sehat setiap saat. Kalau Anda sebelumnya tidak acuh dengan masalah daya tahan, cobalah makan makanan yang menyehatkan tubuh.

Berikut adalah sejumlah makanan dan minuman penambah imun:

1. Paprika Merah

Meski sering diabaikan dan hanya dipakai untuk penambah rasa saja, paprika merah mengandung banyak sekali vitamin C yang sudah tentu dapat meningkatkan imun. Bahkan kandungan vitamin C yang dimiliki oleh paprika merah dua kali lebih banyak dari buah jeruk. Makanan penambah imun ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit

Paprika dikonsumsi dalam bentuk makanan atau sambal. Oh ya, berhubung cabai mengandung zat yang bisa membuat perut jadi sakit, ada baiknya untuk membatasi konsumsinya dan sesuai dengan kemampuan.

2. Aneka Buah Jeruk

Salah satu vitamin penambah daya tahan tubuh adalah vitamin C yang terkandung di dalam aneka buah jeruk. Anda bisa mengonsumsi aneka jeruk mulai dari lemon, jeruk mandarin, hingga grapefruit. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga cocok untuk menjaga daya tahan tubuh.

Anda bisa makan langsung mengonsumsi jeruk dalam bentuk buah, memerasnya, atau membuatnya dalam bentuk smoothies dan juga jus. Saat mengonsumsi jeruk, jangan menambahkan gula meja terlalu banyak.

3. Bawang Putih

Selama ini kita sering menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan saja. Ternyata bawang putih juga merupakan salah satu makanan penambah imun atau daya tahan tubuh. Dalam bahan bumbu masakan ini terkandung senyawa yang bisa mengatasi peradangan dan membunuh bakteri dan juga jamur.

4. Jahe

Jahe baik untuk menjaga daya tahan khususnya saat sedang hujan. Jahe dapat dikonsumsi baik dalam bentuk makanan maupun minuman bisa membuat tubuh jadi hangat sehingga Anda tidak mudah mengalami sakit seperti flu, batuk, hingga gangguan pernapasan lainnya.

Selain itu, makanan dan minuman penambah imun ini juga baik untuk menekan kadar kolesterol yang berlebihan pada tubuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...