Beberapa Manfaat Ciuman Bibir bagi Kesehatan
ilustrasi

Beberapa Manfaat Ciuman Bibir bagi Kesehatan

Sabtu, 6 Jun 2020 | 04:46 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Belum banyak yang tahu manfaat ciuman bagi kesehatan. Seperti yang kita tahu, ciuman adalah tanda kasih sayang yang kerap dilakukan oleh seseorang. Ciuman bisa dilakukan kening, pipi, leher, hingga ciuman di bibir. Aktivitas ini kerap dilakukan sebagai awal mula aktivitas seksual, khususnya saat foreplay bersama pasangan. Selain mengetahui manfaatnya, ketahui juga bahaya ciuman!

Manfaat Ciuman Bibir bagi Kesehatan

Ciuman bibir adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan. Tahukah Anda bahwa ada banyak khasiat ciuman bibir bagi kesehatan? Seperti dilansir Healthline, manfaat ciuman bibir bagi kesehatan terdiri dari:

1. Meningkatkan hormon bahagia

Khaisat ciuman bibir bagi kesehatan yang pertama adalah meningkatkan hormon bahagia. Berciuman memicu otak Anda untuk melepaskan campuran bahan kimia yang membuat Anda merasa sangat baik dengan memicu pusat-pusat kesenangan otak.

Zat kimia ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang dapat membuat Anda merasa gembira dan mendorong perasaan kasih sayang dan ikatan. Ini juga menurunkan kadar kortisol (hormon stres) Anda. Sangat positif bukan khasiat ciuman bibir bagi kesehatan yang pertama ini?

2. Menjalin ikatan dengan pasangan

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan selanjutnya terkait dengan pelepasan hormon oksitosin saat ciuman. Oksitosin adalah zat kimia yang terkait dengan ikatan pasangan.

Aliran oksitosin yang dilepaskan saat Anda berciuman menyebabkan perasaan kasih sayang dan kedekatan. Manfaat cium bibir pasangan Anda dapat meningkatkan kepuasan hubungan dan mungkin sangat penting dalam hubungan jangka panjang.

3. Mengurangi kadar kortisol

Selain meningkatkan hormon bahagia Anda, ciuman dapat mengurangi kadar kortisol Anda yang berpotensi meningkatkan perasaan harga diri Anda.

Peneliti dalam satu studi 2016 menemukan bahwa peserta yang tidak puas dengan penampilan fisik mereka memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, mengalami penurunan sementara kortisol setiap kali Anda berciuman bukanlah cara yang buruk untuk melewatkan waktu Anda. Jadi, tidak hanya ada manfaat ciuman bibir bagi kesehatan tubuh saja, melainkan juga ada manfaat terkait kondisi psikologis.

4. Mengurangi stres

Berbicara tentang kortisol, berciuman juga menurunkan tingkat kortisol dan stres. Berciuman dan komunikasi penuh kasih sayang lainnya, seperti memeluk dan mengatakan “Aku mencintaimu,” berdampak pada proses fisiologis yang berkaitan dengan mengontrol stres.

5. Mengurangi kecemasan

Manfaat ciuman bibir bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi kecemasan. Mengontrol stres mencakup seberapa baik Anda menangani stres dan kecemasan. Ciuman dan rasa sayang adalah obat yang sangat ampuh untuk menurunkan kecemasan. Oksitosin menurunkan kecemasan dan meningkatkan relaksasi dan kesehatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...