Beberapa Manfaat dan Efek Samping dari Air Tajin

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Manfaat dan Efek Samping dari Air Tajin ilustrasi
Winnetnews.com - Tidak sedikit orang tua yang memiliki pengalaman mengonsumsi air tajin saat masih anak-anak. Anda termasuk? Air tajin memang memiliki beberapa manfaat tetapi jangan tergesa-gesa memberikannya kepada anak Anda terutama yang masih bayi.

Sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa itu air tajin, manfaat air tajin, cara membuat air tajin yang benar, dan bahaya air tajin untuk bayi.

Apa itu air tajin?

Air tajin adalah air yang terbuat dari rebusan beras. Sebelum air terserap habis oleh beras, sisa air yang hanya 1/4 akan mengental. Air itulah yang disebut air tajin. Pada zaman dulu, para ibu akan mengambil air tersebut dan menyaringnya.

Sebelum diberikan kepada anak-anak, biasanya air tajin akan ditambahkan dengan gula pasir atau gula batu, sehingga rasanya menjadi manis dan menarik untuk diminum anak-anak. Kualitas air tajin yang baik tergantung pada kondisi dan jenis beras.

Air tajin yang bagus terbuat dari beras yang masih terdapat kulit arinya. Hal ini dikarenakan, kulit ari tersebut kaya akan zat-zat gizi yang penting. Inilah alasannya air tajin yang terbuat dari beras merah atau beras hitam lebih berkualitas daripada air tajin dari beras putih.

Terlebih bila beras meras atau beras hitam tersebut organik, maka air tajin pun semakin berkualitas dan sehat. Kualitas air tajin ini turut memengaruhi manfaatnya. Semakin bagus beras dan cara membuat air tajin, maka manfaatnya pun akan semakin bagus.

Apa Reaksi Kamu?