Beberapa Manfaat Makan Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
ilustrasi

Beberapa Manfaat Makan Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 14 Jan 2020 | 11:45 | Rusmanto

Winnetnews.com - Masyarakat Indonesia terbiasa mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Padahal, sebenarnya ada banyak sekali bahan makanan lain yang juga bisa dijadikan makanan pokok seperti kentang, ubi, dan jagung. Khusus untuk jagung, apakah benar jika bahan makanan ini bisa membantu keberhasilan program diet?

Manfaat Makan Jagung bagi Berat Badan

Biasanya, kita akan memilih jenis jagung manis untuk dijadikan pengganti nasi atau camilan. Pakar kesehatan menyebut makanan ini tinggi kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, serta serat.

“Jagung manis juga tinggi kandungan probiotik yang bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Rutin mengonsumsinya bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan metabolisme, dan membantu menurunkan berat badan,” ucap Rinki Kumari dari Fortis Hospital, Bangalore, India.

Di dalam jagung manis juga tinggi kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang baik bagi kesehatan kulit, penglihatan, dan meningkatkan fungsi membrane mukosa yang bisa menjaga perlindungan berbagai organ dalam tubuh. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan nutrisi lain seperti seng, magnesium, tembaga, zat besi, dan mangan.

Jagung manis juga aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin mengonsumsi makanan bebas gluten atau yang menderita penyakit celiac. Meski bisa membantu menurunkan berat badan, kadar kalorinya juga cukup untuk membantu tubuh meningkatkan laju metabolisme.

Jagung manis tinggi kandungan serat yang bisa mengatasi konstipasi, menyehatkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, dan hipertensi. Mengonsumsinya bisa menyediakan 15 persen kebutuhan serat harian dengan 9 persen di antaranya adalah serat larut. Hanya saja, nilai indeks glikemik jagung ada di level menengah sehingga sebaiknya tidak sembarangan dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah diabetes atau keseimbangan gula darah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...