Beberapa Manfaat Olahraga Panahan bagi Kesehatan Tua dan Muda
ilustrasi

Beberapa Manfaat Olahraga Panahan bagi Kesehatan Tua dan Muda

Sabtu, 23 Mei 2020 | 06:05 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Manfaat olahraga panahan sering kali disepelekan karena sebagian besar orang berpikir bahwa olahraga ini hanya gerakan sederhana yang menggunakan busur dan anak panah untuk menembak target. Meski terlihat sederhana, olahraga ternyata menyimpan banyak manfaat. Simak penjelasan manfaat memanah selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Olahraga Panahan bagi Kesehatan

Olahraga ini tidak sesederhana mengarahkan anak panah menuju ke target panahan. Ini adalah olahraga yang membutuhkan ketelitian, kontrol, fokus, dan kemampuan fisik. Meski lebih ajek dibanding olahraga lainnya, memanah mampu membakar kalori dan membuat kondisi pikiran lebih baik.

Berikut ini adalah berbagai manfaat olahraga panahan yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Manfaat olahraga panahan yang pertama adalah kemampuannya untuk mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Meningkatnya koordinasi ini juga bermanfaat untuk olahraga atau kegiatan lain yang membutuhkan koordinasi.

2. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Manfaat memanah sering kali disepelekan karena sebagian besar orang menganggap bahwa olahraga ini tidak banyak melibatkan gerakan tubuh. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa menarik tali busur bukanlah pekerjaan yang mudah.

Tidak hanya melibatkan lengan dan bahu, gerakan ini juga melatih otot inti di punggung, perut, dan panggul. Melatih otot inti adalah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

3. Mendukung Program Diet

Berapa banyak kalori yang bisa dibakar saat melakukan olahraga panahan? Sebagian besar orang pasti beranggapan bahwa kalori yang terbakar pasti sedikit. Faktanya, jika Anda menghabiskan waktu 30 menit untuk memanah, tubuh membakar sekitar 140 kalori.

Jadi, olahraga ini cara yang bagus untuk membakar lemak yang tidak diinginkan sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.

4. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Tidak semua manfaat olahraga panahan bersifat fisik, beberapa di antaranya bersifat psikologis. Aktivitas memanah mengharuskan seseorang menyaring gangguan yang ada di sekitar, hal itu membuatnya harus fokus pada target panahan dan anak panahnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...