Beberapa Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh
ilustrasi

Beberapa Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Sabtu, 1 Mei 2021 | 07:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Manfaat omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan menjadikannya salah satu suplemen makanan yang paling umum dikonsumsi. 

Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari ikan. Di antaranya adalah ikan herring, tuna, teri, mackerel, dan ikan kod.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan 1-2 porsi ikan per minggu. Pasalnya, terdapat banyak manfaat omega 3 bagi kesehatan, termasuk perlindungan terhadap sejumlah penyakit.

Namun, jika seseorang tidak makan 1-2 porsi ikan per minggu, suplemen minyak ikan dapat membantu tubuh mendapatkan cukup omega-3. Sekitar 30% minyak ikan terdiri dari omega 3, sedangkan 70% sisanya terdiri dari lemak lainnya. Selain itu, minyak ikan biasanya mengandung beberapa vitamin A dan D.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat omega 3 yang ditemukan dalam minyak ikan untuk kesehatan lebih besar daripada omega 3 yang ditemukan di beberapa sumber protein nabati.

Omega 3 utama dalam minyak ikan adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sedangkan omega 3 dalam sumber nabati terutama asam alfa-linolenat (ALA).

10 Manfaat omega 3 untuk kesehatan 

Dikutip dari laman Healthline, berikut 10 manfaat omega 3 untuk kesehatan: 

1. Mendukung kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi beberapa risiko yang terkait dengan penyakit jantung. 

2. Membantu mengobati gangguan mental tertentu

Manfaat omega 3 sangat penting untuk mendukung fungsi otak secara normal. Sebab, otak terdiri dari hampir 60% lemak, dan sebagian besar lemak ini adalah asam lemak omega-3.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental.

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat omega 3 untuk diet adalah dapat mengurangi lingkar pinggang atau rasio pinggang-panggul. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan. 

4. Mengurangi peradangan

Minyak ikan yang mengandung omega 3 memiliki efek antiinflamasi yang kuat serta dapat membantu mengurangi gejala peradangan, terutama reumatoid radang sendi.

5. Mendukung kesehatan kulit

Kulit bisa rusak karena penuaan atau juga banyak paparan sinar matahari. Namun, manfaat omega 3 dalam minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...