Beberapa Manfaat Sawi Hijau yang Sering untuk Campuran Mie Ayam
ilustrasi

Beberapa Manfaat Sawi Hijau yang Sering untuk Campuran Mie Ayam

Selasa, 4 Mei 2021 | 13:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sawi adalah sayuran berbentu dedaunan hijau yang lazim dipakai sebagai pelengkap oleh para pedagang mie ayam dan bakso di Tanah Air. Namun, ternyata ada segudang manfaat sawi.

Sudah ada beberapa penelitian yang mengungkap manfaat sayur sawi hijau (choy sum). Sawi sendiri mulai populer di Indonesia setelah dibawa para pendatang asal China.

Sawi, terutama sawi hijau, juga biasa diolah dengan cara ditumis. Lantas, apa manfaat sawi bagi kesehatan?

6 Manfaat sawi hijau

Nah berikut ini 6 manfaat sawi hijau seperti dikutip dari Healthline.

1. Sumber antioksidan

Antioksidan adalah senyawa tanaman alami yang membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit seperti jantung dan kanker.

Sayuran hijau merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti flavonoid, beta karoten, lutein, vitamin C, dan E.

Selain itu, beberapa varietas sawi seperti sawi merah kaya akan antosianin, yaitu pigmen merah-ungu yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

2. Sumber vitamin K

Sayuran sawi mentah dan matang adalah sumber vitamin K yang cukup besar dibandingkan jenis sayuran lain. Vitamin K terkenal karena peran pentingnya dalam membantu pembekuan darah. Ini juga terbukti penting untuk kesehatan jantung dan tulang.

Faktanya, vitamin K yang tidak mencukupi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan osteoporosis, suatu kondisi yang mengakibatkan berkurangnya kekuatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang.

Studi terbaru juga menunjukkan adanya hubungan antara kekurangan vitamin K dan kesehatan otak. Vitamin K yang tidak memadai dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan fungsi otak, demensia, dan penyakit alzheimer.

3. Memperkuat imunitas

Manfaat sayur sawi hijau juga baik sebagai daya tahan tubuh. Ini karena sawi mengandung banyak vitamin C. Setiap 56 gram sawi bahkan cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang penting untuk sistem kekebalan yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa apabila tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan, maka sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuatnya rentan sakit.

Selain itu, vitamin A dalam sawi juga mendukung respons imun. Ini dilakukan dengan mendorong pertumbuhan dan distribusi sel T, yang merupakan jenis sel darah putih yang diperlukan untuk membantu melawan potensi infeksi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...