Beberapa Minuman dan Makanan yang Bisa Sebabkan Maag
ilustrasi

Beberapa Minuman dan Makanan yang Bisa Sebabkan Maag

Selasa, 30 Jun 2020 | 07:34 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Jika Anda memiliki sakit maag, mengetahui minuman dan makanan penyebab maag adalah sesuatu yang penting. Maag adalah kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai hal dan bisa terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, menghindari makanan dan minuman yang diketahui membuat peradangan pada dinding perut haruslah dihindari.

Makanan Penyebab Maag Kambuh

Pada dasarnya gejala maag dapat dikurangi dengan menghindari makanan tertentu. Berikut ini adalah berbagai makanan penyebab maag yang sebaiknya Anda hindari, di antaranya:

1. Brokoli

Makanan penyebab maag yang pertama dan jarang disadari adalah brokoli. Meski termasuk kelompok sayuran dan dikenal sebagai sumber makanan yang sehat, ternyata brokoli bisa meningkatkan gas di dalam perut. Meningkatnya gas dalam perut bisa memicu gejala maag.

2. Cokelat

Makanan penyebab maag berikutnya yang digemari oleh banyak orang adalah cokelat. Meski digemari oleh banyak orang, cokelat mengandung senyawa yang disebut theobromine yang menyebabkan otot sfingter esofagus menjadi rileks, sehingga memungkinkan asam lambung mengalir ke esofagus.

3. Tomat

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, ternyata tomat adalah makanan penyebab maag. Buah yang memiliki warna merah dan hijau ini mengandung kadar asam yang tinggi dan bisa mengendurkan sfingter esofagus dengan cara yang sama seperti yang dilakukan cokelat. Selain buahnya, Anda juga harus menghindari makanan-makanan yang menggunakan bahan dasar tomat.

4. Jeruk

Buah-buahan lainnya yang termasuk makanan penyebab maag adalah jeruk. Meski memiliki kandungan vitamin C yang baik tubuh, asam yang ada dalam buah jeruk akan memicu maag karena merilekskan sfingter esofagus bagian bawah. Buah jeruk juga mengandung lebih banyak asam daripada buah sitrus lainnya.

5. Grapefruit

Seperti halnya jeruk, grapefruit adalah buah yang termasuk golongan buah sitrus. Sama seperti jeruk, buah ini juga memiliki asam yang dapat memicu maag. Jika Anda menderita sakit maag, hindari mengonsumsi buah yang memiliki warna daging oranye kemerahan ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...