Beberapa Obat Alami untuk Atasi Keracunan Makanan

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Obat Alami untuk Atasi Keracunan Makanan ilustrasi
Winnetnews.com -  Keracunan makanan sering terjadi akibat jajan sembarangan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, parasit, atau virus. Selain itu, Anda juga dapat mengalami keracunan makanan setelah makan daging yang kurang matang atau mentah seperti daging steak dengan tingkat kematangan rare, atau sushi dan makanan laut mentah lainnya yang bisa langsung dimakan. 

Jika sudah telanjur terjadi, apa saja obat keracunan makanan yang bisa dikonsumsi?

Obat alami untuk atasi keracunan makanan

Gejala keracunan makanan biasa muncul dalam beberapa jam setelah Anda makan atau minum sesuatu yang terkontaminasi kuman. Namun umumnya, mengatasi keracunan makanan tidak perlu langsung dengan obat medis jika tarafnya ringan. Pada dasarnya kondisi ini bisa sembuh sendiri dalam 1 sampai 2 hari ke depan. 

Namun, Anda bisa mencoba beberapa obat alami ini agar lebih cepat sembut dari keracunan makanan:

1. Air

Air mineral adalah obat alami untuk mencegah risiko dehidrasi akibat keracunan makanan. Air dapat membantu mengisi ulang cairan tubuh yang terbuang lewat muntah dan diare yang Anda alami.

Selain air putih biasa, Anda juga bisa penuhi kembali cairan tubuh dengan minum kuah hangat seperti sop ayam atau sayur bayam bening. Namun, hindari makanan berkuah yang pedas, bersantan, dan berminyak. 

2. Makanan rendah serat

Nasi putih, roti tawar panggang, dan pisang juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi keracunan makanan. Makanan-makanan tersebut rendah serat yang mudah dicerna usus ketika sedang meradang.

Selain itu, pisang dan nasi merupakan makanan tinggi karbohidrat yang membantu menghasilkan lebih banyak energi untuk melawan penyakit. 

Apa Reaksi Kamu?