Beberapa Obat Herbal yang Direkomendasikan untuk Kanker Payudara

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Obat Herbal yang Direkomendasikan untuk Kanker Payudara ilustrasi

Winnetnews.com -  Pengobatan untuk kanker payudara tidak bisa sembarangan. Pilihan pengobatan utamanya meliputi operasi, kemoterapi, radiasi, terapi target, dan imunoterapi di bawah pengawasan ketat tim dokter di rumah sakit. Meski begitu, beberapa bahan alami dan obat herbal tertentu diyakini dapat membantu meringankan gejala kanker payudara dan efek samping pengobatannya. Mengombinasikan perawatan  alami dipercaya turut membantu menjaga daya tahan dan stamina tubuh selama menjalani pengobatan utama.

Rekomendasi obat herbal untuk kanker payudara

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan obat herbal menyembuhkan kanker payudara. Obat alami belum terbukti bisa membunuh sel kanker yang menyerang jaringan payudara.

Seperti yang telah disebutkan, obat herbal hanya membantu meringankan efek samping pengobatan dan gejala penyakitnya saja. Mengonsumsi obat herbal juga dipercaya membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut berbagai pilihan obat herbal yang potensinya sudah pernah diteliti secara medis untuk pengobatan kanker payudara:

1. Echinacea

Echinacea adalah tanaman dari keluarga Asteraceae. Penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Pharmaceutical Journal menyebutkan tanaman Echinacea purpurea berpotensi untuk membantu mengobati kanker. 

Echinace mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan. Flavonoid adalah senyawa yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh. Flavonoid juga bisa meningkatkan aktivitas limfosit, yaitu bagian dari sel darah putih untuk meningkatkan sistem imun.

Senyawa antioksidan ini juga diduga kuat bisa mengurangi efek samping berbahaya dari radioterapi dan kemoterapi. Oleh karena itu, obat herbal ini diduga bisa membantu memperbaiki kualitas hidup pasien selama menjalani terapi kanker stadium lanjut.

Apa Reaksi Kamu?