Beberapa Pantangan Makan Durian yang Harus Diperhatikan

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Pantangan Makan Durian yang Harus Diperhatikan ilustrasi
Winnetnews.com - Meski durian bagi para penggemarnya adalah buah yang sempurna karena memiliki rasa yang lezat dan bergizi, tahukah Anda bahwa ada pantangan makan durian dengan makanan, minuman atau kondisi kesehatan tertentu? Simak penjelasan bahaya makan durian dengan makanan, minuman atau kondisi kesehatan, serta mitos makan durian selengkapnya di bawah ini.

Pantangan Makan Durian

Meski durian adalah buah yang mengandung kalori tinggi dan kaya nutrisi, faktanya buah ini memiliki potensi yang merugikan kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara tidak tepat.

Berikut ini adalah pantangan makan durian yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

1. Penderita Diabetes Hindari Makan Durian

Pada dasarnya, semua orang diperbolehkan mengonsumsi durian, akan tetapi mereka yang memiliki diabetes melitus, sebaiknya menghindari konsumsi buah yang memiliki aroma kuat ini.

Menurut dr. Marwa, durian bisa memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh, sesuatu yang bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Hal ini menjadi semakin berbahaya apabila dikonsumsi setelah makan nasi, maka lonjakan gula darah bisa menjadi tak terkendali dan akhirnya memicu komplikasi berbahaya.

Perlu diketahui, tiga biji durian (tergantung ukuran) dapat mengandung antara 20 dan 30 gram karbohidrat. Hal itu setara dengan kadar gula dalam setengah kaleng minuman berkarbonasi (20 gram) atau satu mangkuk nasi putih (30 gram).

2. Durian dengan Anggur atau Terong

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, anggur, terong dan durian sama-sama makanan ‘panas’, jika penderita diabetes makan keduanya, hal itu akan membawa konsekuensi yang buruk bagi kesehatannya.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada kesimpulan yang pasti bahwa pantangan makan durian dengan anggur atau terong dapat membahayakan kondisi kesehatan,

Apa Reaksi Kamu?