Beberapa Pantangan untuk Penderita Asam Lambung
ilustrasi

Beberapa Pantangan untuk Penderita Asam Lambung

Kamis, 10 Jun 2021 | 11:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Hampir semua orang pernah mengalami masalah asam lambung yang tak terkontrol. Jika terus dibiarkan, hal itu bisa menyebabkan masalah yang lebih parah, seperti GERD. Salah satu cara menghindari masalah tersebut adalah dengan mewaspadai pantangan asam lambung.

Sebelum mengenal makanan apa saja yang dapat memicu naiknya asam lambung, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal. Pertama, perhatikan posisi tubuh setelah makan. Hindari langsung tidur setelah Anda mengonsumsi makanan berat.

Kedua, perhatikan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Ada baiknya untuk membagi porsi makan menjadi porsi yang lebih kecil agar kesehatan sistem pencernaan terjaga. Selanjutnya, hindari pula makanan-makanan ini karena bisa memperparah kondisi asam lambung.

1. Makanan Pedas

Healthline (healthline.com) menyebutkan bahwa makanan pedas termasuk salah satu pantangan asam lambung yang perlu Anda waspadai. Mengonsumsi makanan pedas dapat memperparah sakit perut dan sensasi terbakar atau heartburn akibat asam lambung naik.

Meski demikian, para peneliti beranggapan bahwa capsaicin yang terdapat dalam cabai berguna untuk meredakan GERD. Hal tersebut menunjukkan pentingnya memerhatikan kondisi Anda sendiri setiap selesai mengonsumsi makanan pedas.

2. Minuman Tertentu

Beberapa jenis minuman bisa memperparah asam lambung, lo. Beberapa jenis minuman yang dimaksud adalah minuman beralkohol, minuman berkarbonasi, minuman dengan rasa asam, kopi, teh, dan jenis minuman lain yang mengandung kafein.

3. Makanan Berlemak

Pantangan asam lambung berikutnya yang disebutkan Healthline adalah makanan berlemak. Alasannya karena makanan berlemak dapat menghambat proses pengosongan perut sehingga Anda lebih berisiko mengalami GERD dan penyakit asam lambung lain.

Beberapa jenis makanan berlemak adalah kentang goreng, keripik kentang, keju, es krim, dan lain sebagainya. Untuk menghindari masalah pencernaan yang lebih serius, sebaiknya batasi atau benar-benar hindari konsumsi makanan berlemak.

4. Buah dan Sayur

Meski mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, tapi ada beberapa jenis buah yang dapat memperparah asam lambung. Misalnya, nanas, lemon, jeruk, tomat, bawang merah, anggur, dan bawang putih.

5. Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat yang Anda konsumsi juga bisa jadi penyebab masalah asam lambung, lo. Contohnya, suplemen zat besi, antibiotik, suplemen kalium, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsi jenis obat itu, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di kesehatan.kontan.co.id dengan judul "5 Pantangan asam lambung ini perlu Anda hindari, apa saja?"


 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...