Beberapa Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Seks Oral

Rusmanto
Rusmanto

Beberapa Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Seks Oral ilustrasi

Winnetnews.com -  Seks yang dilakukan oleh pasangan memang memberikan kepuasan baik secara fisik maupun psikologi. Namun, seks apa pun jenisnya mulai dari vaginal, anal, dan oral memiliki banyak risiko kalau tidak dilakukan dengan benar. Seks bisa menyebarkan penyakit berbahaya dengan mudah melalui cairan kemaluan yang dihasilkan.

Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Melalui Seks Oral

Dari semua jenis aktivitas seks yang dilakukan, seks oral adalah salah satu yang berisiko. Alasan mengapa seks jenis ini berisiko adalah kecenderungan pasangan yang melakukannya tanpa pengaman. Beberapa orang menganggap kalau seks oral cukup aman sehingga penggunaan kondom tidak perlu diperhatikan.

Seks yang dilakukan dengan cara oral tetap berisiko sebabkan gangguan pada pasangan. Bahkan kemungkinan menyebarkan penyakit berbahaya di bawah ini cukup tinggi.

1. Herpes Genitalis

Herpes genitalis adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan mudah sekali menular melalui apa pun jenis seks yang dilakukan. Yang membuat penyakit ini berbahaya adalah kemampuannya untuk bertahan pada tubuh. Seseorang yang terkena herpes, selamanya tidak akan sembuh meski gejalanya bisa diturunkan.

Seks dengan seseorang yang mengalami herpes genitalis harus dilakukan dengan alat pengaman seperti kondom. Menggunakan kondom pun kadang penyakit ini masih bisa menyebar kalau kemaluan saling bersentuhan meski tidak terlalu lama. Jadi, lebih waspadalah dengan kondisi ini agar tubuh selalu sehat.

Oh ya, herpes tidak akan bisa sembuh kalau seseorang sudah terinfeksi. Mungkin penyakit tidak selalu muncul dan menunjukkan gejalanya. Namun, pada kondisi tertentu seperti saat Anda sedang drop, gejala bisa muncul berkali-kali dan memicu masalah yang besar.

2. Gonore

Gonore adalah penyakit yang umum terjadi pada pria dan wanita. Bakteri yang terdapat pada kemaluan bisa dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh  dan menyebabkan gangguan seperti keluarnya cairan mirip nanah dari penis atau vagina, rasa sakit saat kencing, dan kadang muncul perdarahan.

Gonore mudah sekali ditangani asal belum parah dan kondisinya bisa diketahui sedini mungkin. Namun, kalau kondisinya sudah parah bisa menyebabkan infeksi parah di area pelvis dan menyebabkan penurunan kesuburan baik pada pria atau wanita.

Gejala awal dari gonore ini mudah diketahui, khususnya pada aroma cairan yang keluar dari penis. Begitu terlihat ada yang aneh dan terasa tidak nyaman saat berkemih, ada baiknya segera memeriksakan diri.

Apa Reaksi Kamu?