Beberapa Penyebab Air Mani Bisa Keluar Walau Tidak Terangsang
ilustrasi

Beberapa Penyebab Air Mani Bisa Keluar Walau Tidak Terangsang

Kamis, 19 Nov 2020 | 20:23 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pernahkah Anda mengalami kejadian mengejutkan, yaitu penis tiba-tiba mengeluarkan air mani? Padahal Anda tidak sedang bernafsu atau memikirkan hal-hal seksi? Bisa jadi Anda sedang berada di tempat umum, misalnya saat meeting dengan atasan atau ketika mau wawancara kerja. Hal ini tentu bikin malu dan panik. Untuk memahami kenapa bisa keluar air mani tanpa adanya rangsangan seksual, baca penjelasan berikut ini.      

Kok bisa keluar air mani padahal tidak terangsang?

Keluar air mani atau disebut juga sebagai ejakulasi, biasanya jadi pertanda kalau Anda sedang terangsang atau bahkan orgasme. Pasalnya, air mani mengandung sel sperma yang dihasilkan organ intim laki-laki untuk bereproduksi.

Akan tetapi, keluarnya air mani tidak hanya diatur oleh organ reproduksi seperti penis dan testis saja. Otak juga berperan penting dalam sistem ejakulasi manusia. Ini berarti kalau ada aktivitas otak tertentu yang cukup kuat, penis bisa ejakulasi begitu saja. Aktivitas otak tersebut tak selalu berwujud dorongan seksual. Reaksi emosional seperti cemas, panik, dan stres juga bisa memicu ejakulasi tanpa adanya gairah.   

Memahami hubungan kecemasan dan gangguan fungsi seksual

Ya, kecemasan bisa sebabkan keluar air mani secara tiba-tiba. Banyak orang mengaku mengalami hal ini ketika sedang menghadapi ujian sekolah, wawancara kerja, atau tes mengemudi. Menurut para pakar kesehatan seksual dan kejiwaan, kecemasan memang sangat erat hubungannya dengan disfungsi seksual misalnya gangguan ejakulasi.

Seorang spesialis kejiwaan dr. Giorgio Corretti menjelaskan bahwa emosi negatif bisa mengacaukan sistem saraf pada otak, khususnya saraf simpatik. Ketika Anda cemas, panik, atau stres, sistem saraf simpatik Anda menjadi hiperaktif. Untuk meredakan hiperaktivitas ini, saraf secara otomatis memerintahkan tubuh untuk mencari “pelepasan”, yaitu dengan cara ejakulasi. Pasalnya, setelah keluar air mani, tubuh dan otak akan jadi lebih tenang dan rileks akibat reaksi hormon. Sayangnya otak Anda memang tak mampu mengendalikan reaksi ini karena terjadinya sangat cepat.

Inilah mengapa biasanya orang yang gugup dan cemas berlebihan saat berhubungan seksual akan mengalami disfungsi seksual, yaitu ejakulasi dini. Otak yang terlalu cemas akhirnya memerintahkan penis untuk cepat-cepat mengeluarkan air mani agar aktivitas otak berkurang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...