Beberapa Penyebab Alergi yang Biasanya Muncul di Wajah
ilustrasi

Beberapa Penyebab Alergi yang Biasanya Muncul di Wajah

Minggu, 15 Des 2019 | 06:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setiap orang memiliki alergi dan tubuhnya meresponsnya dengan sesuatu yang beragam. Misal seseorang tidak bisa makan makanan laut seperti udang. Kalau mengonsumsi makanan itu tubuhnya akan memberikan respons berupa bentol-bentol di seluruh tubuh atau susah bernapas. Selain itu ada juga yang respons alerginya dalam bentuk bersin.

Penyebab Munculnya Reaksi Alergi di Wajah

Selain respons dalam bentuk bentol, sesak napas, dan bersin. Tubuh juga bisa memberikan respons dalam bentuk gatal di wajah. Respons gatal di wajah ini bisa muncul karena beberapa hal di bawah ini.

1. Alergi Musiman

Beberapa orang yang hidup di negara barat sering sekali mengalami reaksi alergi di wajah saat musim semi. Biasanya saat musim semi akan mulai banyak benang sari beterbangan dari bunga yang mekar. Beberapa orang alergi dengan hal itu dan sering mengalami masalah di wajahnya.

Masalah di wajah yang sering terjadi adalah gatal, memerah, kadang ada bisul, dan mata membengkak. Kondisi ini biasanya akan hilang saat musim panas datang dan udara sudah semakin hangat.

2. Adanya Hewan Tertentu

Beberapa orang ada yang memiliki alergi dengan rambut binatang misal anjing, kucing, atau kelinci. Begitu terkena bulu dan terhirup, bersin akan muncul berkali-kali dan hal ini sangat mengganggu. Kondisi ini membuat seseorang jadi tidak nyaman.

Hal lain yang disebabkan oleh hewan adalah rasa gatal dan bentol di wajah. Beberapa orang akan langsung mengalaminya kalau secara tidak sengaja menyentuh serangga seperti lebah, kupu-kupu, atau ulat bulu.

3. Adanya Kontak Dermatitis

Beberapa alergen bisa memberikan dampak pada tubuh kalau terkena sentuhan tangan atau bagian tubuh lainnya. Misal Anda menyentuh zat kimia tertentu atau rumput jelatang yang bisa memberikan rasa gatal. Begitu terkena itu tubuh akan langsung memberikan respons.

Detergen atau produk lain seperti kondom dengan bahan lateks juga memicu reaksi alergi. Tubuh akan terasa gatal dan muncul beberapa bentol di wajah. Kondisi ini biasanya akan mereda setelah dicuci bersih dan diberi minyak angin untuk meredakan bentol yang terjadi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...