Beberapa Penyebab Bila Napas Terasa Sangat Berat
ilustrasi

Beberapa Penyebab Bila Napas Terasa Sangat Berat

Selasa, 17 Des 2019 | 18:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Napas adalah hal yang sangat krusial dan tidak bisa diabaikan oleh kita semuanya. Meski aktivitas ini berjalan begitu saja tanpa kita sadari, gangguan bisa saja muncul dan menyebabkan Anda tidak nyaman. Gangguan napas bisa muncul begitu saja dan membuat kita merasa sesak saat menghirup dan mengembuskan udara.

Penyebab Napas di Tubuh Terasa Berat

Nah, susahnya menghirup dan mengembuskan udara lagi ini terjadi karena banyak hal. Napas berat tidak terjadi begitu saja. Namun, kita juga harus tahu apa saja pemicunya sehingga napas menjadi sangat berat dan mengganggu, Berikut beberapa kondisi yang memicu napas menjadi berat.

Napas berat yang terjadi pada tubuh bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Anda bisa mendadak susah bernapas atau ditandai dahulu dengan gangguan pada tubuh atau sakit. Nah, secara umum, napas yang berat pada tubuh disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini.

1. Pilek dan Masalah Sinus

Saat mengalami pilek atau masalah di sinus, tubuh akan terkena infeksi dari virus. Dampak dari kondisi, beberapa bagian tubuh di saluran napas akan mengalami inflamasi yang cukup parah dan membengkak. Lebih lanjut, jalur pernapasan juga akan dipenuhi dengan lendir sehingga udara akan susah masuk dengan sempurna.

Akibat saluran udara tersumbat, napas akan menjadi sangat berat. Beberapa orang juga akan sering mengalami bersin, hidung mengeluarkan cairan, batuk, pusing yang cukup intens, nyeri di tenggorokan, dan adanya demam meski tidak terlalu besar. Napas bisa akan kembali normal kalau tidak ada lendir atau menggunakan obat untuk membuka saluran napas seperti inhaler.

2. Mengalami Alergi

Seseorang yang memiliki alergi terhadap makanan, minuman, atau sesuatu yang menyebabkan tubuh bereaksi berlebihan biasanya memicu sesak napas. Misal seseorang memiliki alergi berupa debu. Kalau dia berada di ruangan yang sangat berdebu, tubuh akan langsung bereaksi dan saluran napas akan mulai terganggu.

Alergi ini juga bisa disebabkan oleh makanan seperti orang yang tidak bisa makan kacang atau makanan laut seperti udang. Kalau mereka mengonsumsinya secara tidak sengaja, tubuh akan langsung bereaksi entah dalam bentuk gatal, panas, atau kalau parah, saluran napas bisa membengkak dan menutup akses udara untuk masuk.

3. Mengalami Asma

Asma adalah salah satu gangguan napas yang terbilang berbahaya kalau tidak ditangani dengan baik. Seseorang dengan kondisi asma ini harus memiliki rencana penyembuhan yang di dalamnya ada jenis obat jangka panjang, obat penyembuh kalau ada serangan asma dadakan, dan berbagai jenis alergen yang harus dihindari agar tidak kumat.

Kalau penderita asma dekat sekali dengan alergen yang mereka miliki, kemungkinan besar saluran napas akan membengkak dan menyebabkan udara susah masuk. Anda akan susah bernapas dengan lega sehingga obat dibutuhkan segera agar tubuh mendapatkan suplai oksigen dalam jumlah yang cukup dan menghindari kemungkinan buruk lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...