Beberapa Penyebab Flu yang Harus Diperhatikan
ilustrasi

Beberapa Penyebab Flu yang Harus Diperhatikan

Sabtu, 22 Jun 2019 | 10:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Setiap orang pasti pernah terkena flu paling tidak sekali dalam hidupnya. Infeksi ini dapat menyerang siapa saja di segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Mengetahui berbagai penyebab flu merupakan salah satu langkah efektif supaya Anda bisa terhindar dari penyakit ini.

Penyebab flu yang harus diwaspadai

Flu alias influenza adalah infeksi pernapasan menular yang disebabkan oleh virus. Virus penyebab flu adalah influenza tipe A, B, dan C. Virus influenza tipe A dan B biasanya menyebabkan flu yang bersifat musiman, sementara influenza tipe C biasanya menyebabkan gangguan pernapasan ringan.

Anda bisa terinfeksi virus influenza jika menghirup percikan air liur yang keluar dari mulut orang sakit flu saat mereka bersin dan batuk tidak menutup mulut. Virus penyebab flu juga dapat menular lewat berbicara dengan orang yang sakit flu apabila jarak tubuh sangat berdekatan. Influenza juga bisa menular ketika Anda menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang benda-benda yang sebelumnya sudah terkontaminasi virus.

Infeksi ini memengaruhi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Jika tidak ditangani dengan tepat, flu bisa berubah menjadi infeksi serius yang membahayakan pengidapnya. Dalam kasus parah, flu bisa menyebabkan kematian tapi kasus seperti ini sudah cukup jarang.

Biasanya, gejala flu akan muncul kurang lebih 24-48 jam setelah Anda terpapar virus ini. Badan pegal, nyeri otot di sekujur tubuh, demam, hidung tersumbat, dan bersin-bersin merupakan sejumlah gejala flu yang paling khas.

Faktor risiko penyebab flu

Anda bisa saja terkena flu tanpa penyebab yang jelas. Mungkin Anda tidak merasa ada orang yang sakit di sekitar, tapi tiba-tiba jadi sakit flu.

Namun meski Anda sendiri tidak tahu dari mana asal-usulnya, ada banyak faktor risiko penyebab flu yang mungkin tidak pernah disadari. Entah dari lingkungan hingga kebiasaan yang sering Anda lakukan sehari-hari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...