Beberapa Penyebab Sakit Kepala yang Muncul di Belakang Mata
ilustrasi

Beberapa Penyebab Sakit Kepala yang Muncul di Belakang Mata

Minggu, 21 Feb 2021 | 15:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Sakit kepala yang terjadi di belakang mata bisa menjadi gejala adanya masalah mata atau sesuatu yang lebih serius. Umumnya orang yang mengeluh sakit kepala di belakang mata atau kedua matanya merasakan sensasi berdenyut, mata terasa kencang, panas, perih, dan nyeri yang sangat tajam. Banyak penyebab yang membuat orang bisa mengalami sakit kepala di belakang mata. Berikut penjelasan yang lebih lanjut penyebab sakit kepala di belakang mata.

Penyebab sakit kepala di belakang mata

Berikut beberapa penyebab sakit kepala yang timbul di belakang mata:

1. Mata kering

Mata kering umumnya terjadi bagi mereka yang lebih banyak bekerja di depan komputer. Orang yang mengalami mata kering biasanya merasakan gatal, panas, dan nyeri tajam pada matanya. Jika kekeringan mata berlangsung lama maka akan mengakibatkan keluarnya air mata berlebihan sebagai respon iritasi untuk melindungi diri dari pengeringan lebih lanjut.

Anda bisa menggunakan obat tetes air mata agar mata kembali lembab, namun Anda harus segera konsultasi ke dokter jika mengalami keluhan yang lebih parah.

2. Gangguan refraksi

Saat Anda mengalami gangguan refraksi seringnya akan menyebabkan kelelahan mata dan ketidaknyamanan di area mata. Sakit kepala di belakang mata biasanya disebabkan akibat adanya astigmatisme, rabun dekat dan rabun jauh.

3. Skleritis

Skleritis adalah penyakit radang selaput putih (sklera mata). Biasanya orang yang mengalami skleritis mengalami kemerahan, nyeri, dan sensasi panas di bagian mata. Rheumatoid arthritis dan penyakit jaringan ikat dapat meningkatkan risiko terkena skleritis. Jika Anda mengalami mata merah disertai rasa sakit yang intens, Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata.

4. Orbital inflammatory syndrome

Orbit adalah bagian tulang tengkorak yang berongga, tempat mata dan struktur sekelilingnya berada. Penyakit orbita dapat timbul dari dalam orbita itu sendiri atau sebagai bagian dari penyakit sistemik yang mempengaruhi beberapa jaringan atau organ tubuh. Peradangan bisa terjadi di daerah ini, namun penyebab pastinya masih sulit ditentukan. Rasa sakit dan ketidaknyamanan terjadi ketika mata melirik ke kanan-kiri atau atas-bawah dan saat area sekitar mata di sentuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...