Beberapa Penyebab yang Membuat Pria Tidak Subur
ilustrasi

Beberapa Penyebab yang Membuat Pria Tidak Subur

Jumat, 31 Jul 2020 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada beberapa penyebab pria tidak subur seperti kebiasaan merokok atau penggunaan zat adiktif lainnya yang menyebabkan produksi sperma rendah atau fungsi sperma abnormal. Ketahui apa saja penyebab ketidaksuburan pada pria dan cara mengatasinya.

Penyebab Pria Tidak Subur

Sekitar dua per tiga kasus infertilitas (ketidaksuburan reproduksi) pria secara umum diakibatkan oleh produksi dan kualitas yang buruk akibat berbagai faktor, baik gaya hidup atau kondisi medis lain yang mendasarinya. Ketahui penyebab tidak subur pada pria, sebagai berikut:

1. Kebiasaan Merokok atau Penggunaan Zat Adiktif Lainnya

Kebiasaan merokok atau menggunakan zat adiktif lainnya seperti alkohol ternyata dapat mengganggu kesehatan sperma secara signifikan. Sebagai contoh, reseptor nikotin dan cannabinoid mengganggu jaringan testis sehingga memiliki efek negatif bagi fungsi dan kualitas sperma.

Selain itu, nikotin memicu peningkatan stres oksidatif pada tubuh (kadar toleransi tubuh terhadap radikal bebas yang melebihi batas). Kondisi ini juga memengaruhi kualitas, motilitas, perkembangan sperma, dan potensi pembuahan. Apabila Anda memiliki masalah kesuburan, Anda disarankan berhenti merokok atau konsumsi zat adiktif lainnya.

2. Kekurangan Asupan Nutrisi

Anda disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya akan vitamin untuk kesuburan, seperti:

  • Vitamin A, seperti wortel, apel, anggur, kiwi, brokoli, ubi jalar, dll.
  • Vitamin C, seperti jeruk, bayam, brokoli, kol, nanas, mangga, kiwi, pepaya, dll.
  • Vitamin E, seperti almond, bayam, lobak hijau, alpukat, tomat, kacang-kacangan, dll.
  • Omega 3.
  • Asam folat, seperti salmon, sarden, kedelai, ikan makarel, tiram, dll.
  • Antioksidan, seperti apel anggur, almond, brokoli, tomat, kubis merah, pisang, nanas, pepaya, stroberi, dll.

Anda perlu konsumsi makanan sehat seimbang setiap hari. Konsultasi juga pada dokter untuk suplemen yang mungkin Anda butuhkan untuk meningkatkan kualitas sperma.

3. Infeksi

Beberapa infeksi seperti radang epididimis, radang testis, dan peradangan genital akibat mikroorganisme dapat berkontribusi pada penurunan jumlah dan kualitas sperma.

Selain itu, infeksi menular seksual (IMS) tertentu seperti gonore, klamidia, ureaplasma, dan HIV/AIDS dapat menyebabkan gangguan pada produksi sperma. Infeksi tersebut menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...