Beberapa Penyebab yang Membuat Tekanan Darah Naik Turun
ilustrasi

Beberapa Penyebab yang Membuat Tekanan Darah Naik Turun

Senin, 22 Feb 2021 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Memeriksa tekanan darah atau tensi bisa dibilang wajib jika sedang berkunjung ke dokter. Anda mungkin memiliki tekanan darah sedikit rendah atau  sedikit tinggi. Tidak jarang tekanan darah bisa berubah-ubah sepanjang hari. Apakah ini normal? Apa yang menyebabkan tekanan darah naik turun? Simak jawabannya berikut ini. 

Penyebab tekanan darah naik turun

Tekanan darah naik turun bisa menjadi hal yang normal dan bisa juga tidak. Tekanan darah yang berubah-ubah bisa disebabkan oleh respon tubuh terhadap perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari, misalnya stres, kurang tidur, olahraga, dan sebagainya.

Berikut ini merupakan penyebab tekanan darah naik turun.

  • Stres. Tubuh mengalami berbagai perubahan saat Anda stres, salah satunya adalah tekanan darah menjadi lebih tinggi. Perubahan ini terjadi karena hormon stres yang dihasilkan tubuh, misalnya hormon kortisol, membuat jantung memompa darah lebih keras. 
  • Obat-obatan tertentu. Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat atau menurun, misalnya konsumsi obat acetaminophen, dekongestan, dan obat antiradang.
  • Sensitivitas terhadap makanan. Beberapa orang bisa mengalami perubahan tekanan darah karena sensitif terhadap makanan tertentu. Hal ini umum terjadi pada mereka yang memiliki sensitivitas terhadap makanan yang mengandung garam/natrium tinggi atau makanan yang sangat asin. Biasanya, tekanan darah akan kembali normal dalam beberapa waktu.
  • Konsumsi kafein. Kopi, teh, atau minuman lain yang mengandung kafein tinggi bisa menyebabkan tekanan darah naik. Para ahli menduga, hal ini terjadi karena kafein menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Bagi Anda yang tidak terbiasa minum kopi, minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 4-13 mmHg.
  • Dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan tekanan darah turun. Anda perlu minum lebih banyak air untuk meningkatkan volume darah sehingga tekanan darah naik kembali.
  • Demam. Demam merupakan respon tubuh saat melawan infeksi. Saat demam, tekanan darah Anda bisa meningkat karena pembuluh darah menyempit sementara detak jantung Anda meningkat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...