(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Beberapa tanda dari stroke otak

Liani
Liani

Beberapa tanda dari stroke otak

Stroke merupakan hilangnya fungsi otak dengan cepat akibat gangguan dalam suplai darah ke otak. Ini bisa terjadi karena iskemia (kurangnya aliran darah) karena penyumbatan atau karena perdarahan.

Faktor lainnya bisa disebabkan karena diabetes, hipertensi, merokok, obesitas, kadar kolesterol tinggi atau karena penyakit jantung.

Namun, orang biasa masih belum menyadari apa itu stroke. Berikut beberapa tanda dari stroke otak yang perlu Anda ketahui.

1. Wajah menurun

Jika wajah pasien terkulai ke satu sisi atau salah satu sisi wajahnya mengalami mati rasa, itu merupakan gejala dari stroke otak. Anda juga bisa meminta orang tersebut untuk tersenyum, jika tidak bisa, segeralah bawa ia ke rumah sakit.

2. Lengan melemah

Seorang pasien stroke pasti akan mengalami mati rasa atau kelemahan pada salah satu dari kedua lengannya. Anda bisa memintanya mengangkat tangan untuk menguji apakah ia menderita stroke atau tidak. Biasanya, tangannya pasti akan terjatuh lunglai karena ia tak mampu mengangkatnya.

3. Kesulitan bicara

Penderita stroke biasanya akan bicara melantur. Anda bisa mengeceknya dengan meminta mereka untuk menjawab pertanyaan sederhana, dan umumnya mereka tidak bisa menjawab dengan benar. Jika demikian, periksakan dirinya segera oleh dokter apakah benar-benar mengalami stroke atau tidak.

4. Kehilangan keseimbangan

Ia akan menemui kesulitan untuk menyeimbangkan tubuhnya. Dan gerakan tubuhnya akan terlihat kurang koordinasi sehingga tidak bisa berdiri dalam waktu yang lama.

5. Kepala berdenyut

Tanda lainnya, penderita stroke otak kerap mengalami sakit kepala yang datang tiba-tiba, di mana kepala terasa berdenyut tanpa alasan. Ini merupakan sinyal ke arah stroke hemogik. Dan gejala-gejala lainnya termasuk kehilangan memori jangka pendek serta memiliki gangguan penglihatan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});